Disbudpar Kalteng Tetapkan Tim Setia Kawan Pemenang Lomba Paket Wisata

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) melalui Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata (PDKP) menyelenggarakan Final Pemenang Lomba Paket Wisata Tahun 2023 di Swiss-belhotel Danum Palangka Raya, Rabu (31/5/2023). Dimulai dengan pendaftaran sejak 25 Maret s.d. 8 Mei 2023, diumumkan pada 29 Mei 2023. Kemudian, enam tim yang lolos menyajikan presentasi mengenai paket wisata unggulan masing-masing …

Disbudpar Kalteng Tetapkan Tim Setia Kawan Pemenang Lomba Paket Wisata
image

NUSAKALIMANTAN.COM, Palangka Raya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Disbudpar Kalteng) melalui Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata (PDKP) menyelenggarakan Final Pemenang Lomba Paket Wisata Tahun 2023 di Swiss-belhotel Danum Palangka Raya, Rabu (31/5/2023). Dimulai dengan pendaftaran sejak 25 Maret s.d. 8 Mei 2023, diumumkan pada 29 Mei 2023. Kemudian, enam tim yang lolos menyajikan presentasi mengenai paket wisata unggulan masing-masing di depan dewan juri.

Melalui Lomba Paket Wisata Tahun 2023 ini kami berharap dapat meningkatkan sumber daya manusia pariwisata dalam penyusunan. Dengan demikian akan semakin mempermudah wisatawan untuk berkunjung ke Kalimantan Tengah dan juga lebih banyak informasi destinasi wisata bagi masyarakat umum,” kata Kepala Dinas Adiah Chandra Sari dalam sambutannya pada saat pembukaan acara.

Tiap tim beranggotakan tiga orang dan menyusun paket wisata bertemakan “Di Kalimantan Tengah Aja”. Peserta membuat paket wisata lengkap beserta proposal, price list/quotation, rundown/itinerary, e-flyer, dan paparan dalam bentuk Powerpoint untuk presentasi. Juri pada lomba paket wisata ini terdiri dari tiga orang yaitu Adyatama Ahli Muda Disbudpar Kalteng Gebriely Trineida, Sekretaris ASITA Kalimantan Tengah Mutia Pratiwi Ayuningtyas, dan Direktur Borneo Escape Ririn Eka Kurnia Sari.

Setelah presentasi seluruh tim usai, dewan juri mendiskusikan perolehan poin untuk penentuan juara. Para juri menyampaikan rasa bangga terhadap para peserta yang sudah mempresentasikan karyanya. Lomba ini semoga dapat menjadi penyemangat bagi seluruh peserta untuk dapat menggali lebih banyak lagi hidden gem di Kalimantan Tengah, mengemas paket wisata, dan rincian komponen harga. Para peserta diharapkan juga memperhatikan psikologi harga guna meningkatkan jumlah kunjungan. Pengetahuan peserta tentang fix cost dan variable cost juga sangat penting karena pembuat paket wisata berlaku sebagai penentu harga. Pekerja pariwisata harus dapat menghargai dirinya dan juga pelayanannya.

Selanjutnya, ketiga dewan juri mengumumkan berdasarkan penilaian, yaitu Juara 1 diraih oleh tim Setia Kawan, Juara 2 oleh Tim Harati Tour, Juara 3 oleh Tim Tabela, Harapan 1 oleh Tim IAHN, Harapan 2 oleh Kelompok Pecinta Alam, Harapan 3 oleh Tim Gikarend. Masing-masing pemenang mendapatkan uang pembinaan dan piala yang diserahkan oleh Sekretaris Dinas Rusita Murniasi dan Kepala Bidang PDKP Adi Riswandi mewakili Kepala Dinas. (MMC/nk-1)