Barbie Diboikot Vietnam, Warner Bros Buka Suara Soal Peta LCS

Warner Bros. buka suara terkait dugaan adanya penggambaran peta Laut Cina Selatan yang membuat film Barbie dilarang tayang di Vietnam.

Barbie Diboikot Vietnam, Warner Bros Buka Suara Soal Peta LCS
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Warner Bros. buka suara terkait dugaan adanya penggambaran peta Laut Cina Selatan (LCS) di trailer film Barbie yang membuat film itu dilarang tayang di Vietnam.

Perwakilan Warner Bros. mengatakan bahwa peta tersebut digambar melalui perspektif anak kecil sehingga tidak perlu dianggap serius.

"Peta yang ada di Barbie Land sama seperti gambar yang dibuat anak kecil menggunakan krayon," ujar seorang juru bicara Warner Bros. Film Group seperti diberitakan oleh Variety, Kamis (6/7).

Warner Bros. menegaskan bahwa ukiran peta yang ditayangkan dalam adegan itu tidak bermaksud untuk menyatakan sikap politik apa pun.

"Coret-coretan itu menggambarkan perjalanan khayalan Barbie dari Barbie Land menuju 'dunia nyata'," ujar perwakilan Warner Bros.

"Itu tidak dimaksudkan untuk membuat pernyataan apa pun," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Vietnam melarang penayangan film Barbie buatan Warner Bros. karena menampilkan peta Laut China Selatan versi Beijing dalam salah satu adegan.

Media pemerintah Vietnam, Tuoi Tre, melaporkan peta tersebut menunjukkan "wilayah yang diklaim secara sepihak oleh China di Laut China Selatan".

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika, Barbie, untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar yang menyinggung dari sembilan garis putus-putus," kata Kepala Departemen Sensor dan Perizinan Film Asing Vietnam, Vi Kien Thanh, kepada koran itu.

Tak hanya Vietnam, Badan Pengkajian dan Klasifikasi Film dan Televisi (MTRCB) Filipina menyatakan tengah membahas nasib perilisan film Barbie yang dijadwalkan tayang di bioskop pada pekan ketiga Juli mendatang.

Senator Francis Tolentino selaku Wakil Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat Filipina menegaskan bahwa MTRCB selaku pihak berwenang wajib melarang Barbie tayang di negaranya jika benar-benar menampilkan peta Laut China Selatan versi Beijing.

Garis 'nine dash-line' kerap digunakan China untuk mengilustrasikan klaim teritorialnya di Laut China Selatan.

Sementara itu, klaim China atas lebih dari 90 persen Laut China Selatan itu tumpang tindih dengan wilayah perairan negara di Asia Tenggara termasuk Vietnam dan Filipina.

Sementara itu, Barbie digarap oleh sutradara Greta Gerwig. Ia berkolaborasi dengan pasangannya, Noah Baumbach, yang mengisi kursi penulis naskah.

Margot Robbie juga ikut bekerja di balik layar sebagai produser film, bergabung dengan Tom Ackerley dan David Heyman. Sementara itu, Josey McNamara dan Ynon Kreiz menjadi produser eksekutif film ini.

Margot Robbie dan Ryan Gosling ditunjuk sebagai pemeran utama, yakni Barbie dan Ken. Namun, film tersebut juga diramaikan deretan aktor dan aktris yang berperan sebagai Barbie dan Ken varian lain.

(far/pra)