Urutan Film Twilight, Kisah Cinta Manusia dan Vampir

Twilight adalah serial film yang populer di tahun 2008-2012. Sudah tahu urutan film Twilight? Kalau belum cek urutan filmnya di sini.

Urutan Film Twilight, Kisah Cinta Manusia dan Vampir
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tak tahu serial film Twilight yang populer pada 2008-2012? Bahkan bagi sebagian orang mungkin urutan film Twilight sudah di luar kepala.

Hal ini karena film yang mengangkat lika liku kisah cinta antara manusia dan vampir itu sangat populer pada masanya.

Kepopuleran Twilight juga membuat nama Kristen Stewart dan Robert Pattinson yang memerankan tokoh utama film tersebut ikut melejit.

Twilight adalah film fantasi romantis tentang kisah cinta antara Bella Swan (Kristen Stewart) dan Edward Cullen (Robert Pattinson) yang merupakan vampir.

Rupanya, meski saling menyukai tetapi hubungan mereka tidak selalu berjalan mulus. Sebab, ada saja hal-hal yang muncul dalam hubungan mereka.

Mulai dari kehadiran manusia setengah serigala yang juga menyukai Bella, yaitu Jacob Black (Taylor Lautner) sampai beragam aturan dan budaya vampir yang berbenturan dengan manusia.

Namun, lika liku kisah cinta Bella dan Edward tetap disukai oleh para penggemarnya. Hal ini tercermin dari besarnya antusias penonton terhadap film-film Twilight yang rilis selang setahun pada 2008-2012.

Selain itu, serial Twilight juga masuk Box Office dan mengantongi pendapatan yang tinggi. Sebagai contoh pada Twilight (2008), nilai pendapatan sebesar US$408,4 juta.

Lalu, meningkat jadi US$711 juta pada pemutaran New Moon (2009) hingga akhirnya tembus US$848,6 juta pada Breaking Dawn Part 2 (2012).

Kisah cinta Bella dan Edward yang menarik merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya novelis asal Amerika Serikat, Stephenie Meyer. Novel-novel Twilightnya rilis pada 2005-2008.

Urutan Film Twilight

The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 2 (2012)Ilustrasi. Urutan film Twilight, kisah cinta manusia dan vampir (Temple Hill Entertainment via Imdb)

Sebenarnya, urutan film Twilight sama dengan seri novel, yaitu Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn. Namun serial terakhir yaitu Breaking Dawn dibagi menjadi dua bagian sebagai berikut.

  1. Twilight (2008)
  2. The Twilight Saga: New Moon (2009)
  3. The Twilight Saga: Eclipse (2010)
  4. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 (2011)
  5. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 (2012)

Sinopsis Serial Twilight

Berikut sinopsis dari masing-masing film Twilight.

1. Twilight (2008)

Twilight mengisahkan awal mula kisah cinta Bella Swan dan Edward Cullen. Mereka bertemu di sekolah yang sama ketika Bella baru saja pindah dari Arizona ke Forks.

Namun awalnya Edward sangat dingin kepada Bella hingga akhirnya muncul momen-momen yang membuat mereka perlahan dekat hingga saling jatuh cinta. Ketika itulah Bella akhirnya tahu bahwa Edward adalah seorang vampir yang tidak bisa mati.

2. The Twilight Saga: New Moon (2009)

New Moon melanjutkan kisah cinta Bella dan Edward yang kini dibayangi ketakutan Bella jika ia bertambah tua, tetapi Edward tidak. Kemudian, terjadi sebuah insiden Jasper ingin memangsa Bella karena ia berdarah.

Hal ini membuat Edward memilih untuk pergi dari kehidupan Bella. Ketika Edward pergi, Bella bertemu kembali dengan Jacob dan bersenang-senang hingga muncul kabar Bella bunuh diri karena terjun dari tebing.

Kabar itu membuat Edward putus asa dan ingin musnah dengan menyerahkan diri kepada Volturi. Bella pun berusaha menghentikan langkah Edward.

3. The Twilight Saga: Eclipse (2010)

Kisah cinta Bella dan Edward kembali diuji dengan kemunculan Victoria di Eclipse. Victoria adalah vampir ganas yang ingin balas dendam atas kematian James di Twilight.

Victoria kemudian membentuk kawanan vampir baru untuk menyerang Bella. Edward dan keluarga Cullen pun segera menyusun rencana untuk menghadapi Victoria dan kawanannya.

Jacob dan kawanan serigalanya juga ikut melindungi Bella sehingga Victoria berhasil dikalahkan. Setelah itu, Bella dan Edward menyusun rencana pernikahan.

4. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 (2011)

Breaking Dawn Part 1 dibuka dengan pernikahan Bella dan Edward yang romantis. Kemudian, keduanya menghabiskan bulan madu.

Masalah muncul ketika Bella hamil. Sebab, ia mengandung bayi setengah manusia dan setengah vampir yang menyita energinya sehingga menjadi sangat kurus.

Namun, Bella terus berjuang untuk bayinya. Di sisi lain, Jacob mulai menarik diri dari hubungan Bella dan Edward setelah menikah.

5. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 (2012)

Bella akhirnya melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Renesmee. Semuanya menyayangi Renesmee, termasuk Jacob yang akhirnya kembali menjalin hubungan baik dengan keluarga Cullen.

Namun, kabar mengenai Renesmee yang setengah manusia dan setengah vampir rupanya membuat Volturi marah karena dianggap melanggar aturan. Keluarga Cullen dan Jacob serta kawanannya pun berusaha melindungi Renesmee dari Volturi.

Itulah penjelasan mengenai urutan film Twilight dan sinopsis masing-masing serinya. Semoga bermanfaat dan selamat menonton kembali!

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]