Urutan Film Batman berdasarkan Tahun Rilis, dari Awal sampai Terbaru

Batman adalah tokoh fiksi superhero yang diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger. Berikut urutan film Batman berdasarkan tahun rilis.

Urutan Film Batman berdasarkan Tahun Rilis, dari Awal sampai Terbaru
Jakarta, CNN Indonesia --

Batman merupakan tokoh fiksi superhero yang diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger. Batman adalah sosok pahlawan dari DC Comics yang kemudian diadaptasi menjadi film series.

Sebenarnya film-film Batman dapat ditonton secara acak. Namun akan lebih seru jika kamu menontonnya sesuai dengan urutan film Batman berdasarkan tahun rilis.

Batman sendiri adalah superhero yang tinggal di Kota Gotham. Dia dikenal dengan penampilannya yang khas yakni menggunakan jubah berwarna hitam ala manusia kelelawar.

Selain itu, Batman juga memiliki kendaraan berupa mobil berteknologi khusus yang ikonis. Tak heran jika Batman menjadi salah satu karakter yang paling banyak disukai orang-orang.

Nah, bagi penggemar baru karakter DC yang masih bingung bagaimana memulai film series Batman, simak urutannya filmnya berikut ini.

1. Batman (1989)

Batman (1989)Urutan film Batman berdasarkan tahun rilis (dok. Warner Bros/PolyGram Filmed Entertainment via IMDb)

Film pertama Batman dirilis pada 1989. Film ini disutradarai oleh Tim Burton dan berhasil memenangkan Piala Oscar dalam kategori Best Art Direction.

Aktor Michael Keaton memerankan karakter Bruce Wayne di film perdana Batman ini. Selain itu, film ini juga disertai kemunculan Joker sebagai salah satu musuh bebuyutan Batman.

2. Batman Returns (1992)

Urutan film Batman berikutnya adalah Batman Returns yang dirilis pada 1992. Film ini masih disutradarai oleh Tim Burton dan diperankan oleh Michael Keaton.

Batman Returns menceritakan tentang kisah Bruce Wayne yang bertemu degan musuh utamanya, yakni The Penguin.

Musuh Batman yang satu ini adalah seorang psikopat yang bekerja sama dengan pebisnis bernama Max Shreck untuk menguasai Gotham.

3. Batman Forever (1995)

Film ketiga Batman ini digarap dan dibintangi oleh sutradara dan aktor berbeda dari dua film sebelumnya. Batman Forever digarap oleh sutradara Joel Schumacher, dan Val Kilmer dipercaya untuk memerankan karakter Bruce Wayne.

Batman Forever menceritakan tentang Bruce Wayne yang harus menghadapi kegilaan mantan karyawannya yakni Edward Nygma. Ia adalah seorang ilmuwan yang menamai dirinya The Riddle.

Batman harus membereskan kekacauan yang dilakukan The Riddle di Kota Gotham serta menghadapi Harvey Dent atau Two Face yang ingin balas dendam.

4. Batman and Robin (1997)

Film Batman and Robin (1997)Urutan film Batman berdasarkan tahun rilis, salah satunya Batman and Robin (1997) (Warner Bros. via IMDb)

Batman and Robin merupakan sekuel keempat dan menjadi film terakhir yang diproduksi oleh Warner Bros.

Film ini masih disutradarai oleh Joel Schumacher tetapi karakter Bruce Wayne diganti oleh aktor George Clooney.

Kali ini, Batman tidak sendirian. Ia ditemani Robin, seorang rekan yang membantunya menumpas kejahatan. Keduanya harus menghadapi Poison Ivy dan Mr. Freezer.

5. Batman Begins (2005)

Sekuel berikutnya adalah Batman Begins yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Kali ini karakter Bruce Wayne dipercayakan kepada Christian Bale.

Film ini mengisahkan tentang awal mula Bruce Wayne yang bergabung dengan League of Shadow yang dipimpin oleh Ra's al Ghul.

Di sana Bruce Wayne melatih ketangkasan fisik dan mental untuk melawan para musuh. Namun, salah satu anggota League of Shadow yakni Henri Ducard menyerang Gotham City dan menjadi musuh besar Batman.

6. The Dark Knight (2008)

The Dark Knight (2008)Urutan film Batman berdasarkan tahun rilis, salah satunya The Dark Knight (2008) (dok. Warner Bros Pictures via IMDb)

Film The Dark Knight kembali disutradarai oleh Christopher Nolan dan diperankan oleh Christian Bale sebagai Batman.

Kali ini, Bruce Wayne harus berhadapan dengan Joker yang diperankan oleh Heath Ledger. Batman mendapatkan bantuan dari Jim Gordon dan Jaksa Harvey Dent dalam melawan musuhnya tersebut.

7. The Dark Knight Rises (2012)

The Dark Knight Rises merupakan film penutup dari trilogi The Batman yang disutradarai oleh Christopher Nolan.

Film ini mengambil latar waktu delapan tahun setelah penyerangan yang terakhir kali Joker lakukan di Gotham City.

The Dark Knight Rises mengisahkan Bruce Wayne yang harus kehilangan kekasihnya, yakni Rachel. Saat itu juga tengah muncul Bane, seorang teroris yang ingin menghancurkan Gotham.

8. Batman v Superman: Dawn of Justice (2016)

Film Batman berikutnya ini tidak berfokus pada karakter Bruce Wayne tetapi juga menghadirkan sosok Superman.

Film yang disutradarai oleh Zack Snyder ini menceritakan tentang Batman yang merasa kehadiran Superman sangat mengacaukan Kota Gotham.

Perseteruan ini makin memanas akibat provokasi yang dilakukan oleh Lex Luthor yang berhasil membangkitkan monster yang lahir dari DNA Jenderal Zod.

9. Justice League (2017)

Screenshot Film Justice League (2017)Urutan film Batman berdasarkan tahun rilis, salah satunya Justice League (2017) (Dok. Warner Bros Pictures)

Masih disutradarai oleh Zack Snyder, Justice League menceritakan kisah setelah Bumi kehilangan Superman.

Kemudian Batman bersama Wonder Woman mengumpulkan para manusia super untuk melawan pasukan monster Parademons yang ingin menghancurkan Bumi.

Dalam Justice League, Bruce Wayne diperankan oleh Ben Affleck, sedangkan Diana Prince diperankan oleh Gal Gadot.

10. The Batman (2022)

Selanjutnya ada film The Batman yang dirilis pada 2022. Dalam film ini, sosok Batman tampil lebih gelap dan brutal dalam melawan musuhnya.

Film yang terpisah dari DC Extended Universe atau DCEU ini disutradarai oleh Matt Reeves, sedangkan karakter Bruce Wayne diperankan oleh Robert Pattinson dan Catwoman diperankan oleh Zoe Kravitz.

Itulah urutan film Batman berdasarkan tahun rilis. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]