7 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi, Seru dan Bikin Mikir

Ada sejumlah film tentang teori konspirasi yang seru dan bisa menjadi pilihan tontonan. Simak rekomendasi filmnya.

7 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi, Seru dan Bikin Mikir
Jakarta, CNN Indonesia --

Konspirasi merupakan hal yang menarik untuk didiskusikan. Para sineas juga turut mengangkat tema ini menjadi tontonan layar lebar. 

Ada sejumlah film bertema teori konspirasi yang seru bisa menjadi pilihan. Penonton akan disuguhkan cerita mengenai pihak-pihak tertentu di balik terjadinya suatu peristiwa.

Tak hanya seru, film-film bertema ini juga kerap membuat penontonnya harus berpikir keras, bahkan menjadi sarana diskusi bagi pencinta film dan teori konspirasi.

Jika Anda tertarik untuk menontonnya, berikut sejumlah rekomendasi film tentang teori konspirasi, dihimpun dari berbagai sumber.

1. JFK (1991)

JFK merupakan film history thriller yang disutradarai oleh Oliver Stone dan dibintangi oleh Kevin Costner, Gary Oldman, serta Jack Lemmon.

Film ini mengisahkan tentang kematian Presiden Amerika John F. Kennedy (JFK) di tahun 1960-an yang dianggap janggal sehingga memunculkan banyak teori konspirasi.

Seorang pengacara bernama Jim Garrison mencoba mengungkap misteri kasus pembunuhan tersebut.

JFK merupakan film yang banyak memadukan fakta dalam kasus pembunuhan JFK. Hal ini membuat sang sutradara sempat mengalami ancaman pembunuhan karena membuat film JFK.

2. Conspiracy Theory (1997)

Conspiracy Theory (1997)7 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi, Conspiracy Theory (Foto: Warner Bros via Imdb)

Sesuai judulnya, Conspiracy Theory merupakan film yang bercerita tentang seorang sopir taksi yang menggemari teori konspirasi.

Analisisnya tersebut kerap ia jelaskan pada seorang pengacara bernama Alice. Kemudian ia mulai menerbitkan buletin yang membahas teori konspirasi dan membuat CIA resah.

Film bergenre mystery thriller ini disutradarai oleh Richard Donner dan dibintangi oleh Mel Gibson, Julia Roberts, Patrick Stewart, dan lainnya.

3. The Da Vinci Code (2006)

The Da Vinci Code merupakan film teori konspirasi yang diadaptasi dari buku tentang konspirasi karya Dan Brown. Film ini disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi Tom Hanks, Audery Tautou, dan Jean Reno.

The Da Vinci Code bercerita tentang ahli ilmu simbol, Robert Langdon menyelidiki pembunuhan terhadap seorang kurator lukisan di Louvre. Lukisan buatan Da Vinci tersebut menyimpan rahasia sehingga dilindungi oleh sebuah organisasi rahasia.

4. Vanilla Sky (2001)

Film Vanilla SkyRekomendasi film tentang teori konspirasi, salah satunya Vanilla Sky (Foto: Arsip Paramount Pictures via IMDb)

Vanilla Sky merupakan film yang disutradarai oleh Cameron Crowe, yang menjadi salah satu rekomendasi film teori konspirasi yang sayang untuk dilewatkan.

Film yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Penelope Cruz ini bercerita tentang kisah konspirasi sebuah perusahaan yang dapat mengendalikan manusia melalui pencucian otak.

5. Edge of Darkness (2010)

Rekomendasi film teori konspirasi berikutnya adalah Edge of Darkness yang disutradarai Martin Campbell. Film yang dibintangi oleh Mel Gibson, Ray Winston, dan Danny Huston ini menceritakan tentang seorang detektif di kepolisian bernama Thomas Craven.

Anak Thomas yang bernama Emma tewas dibunuh, tetapi ia merasa bahwa pembunuhan tersebut sebenarnya ditujukan untuk dirinya.

6. Area 51 (2015)

Berbeda dengan film-film sebelumnya, Area 51 merupakan film teori konspirasi yang bergenre horor, misteri, dan sci-fi. Film ini disutradarai oleh Oren Peli dan dibintangi oleh Reid Warner, Darrin Bragg, serta Ben Revner.

Area 51 merupakan film tentang teori konspirasi dan keberadan alien. Area 51 sendiri diduga merupakan tempat turunnya UFO dan alien atau tempat pemerintah Amerika menyembunyikan sebuah penelitian rahasia.

Sekelompok anak muda yang terobsesi dengan UFO menerobos Area 51 untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ada di sana.

7. London Has Fallen (2016)

London Has FallenRekomendasi film tentang teori konspirasi, salah satunya London Has Fallen (Foto: dok. Millenium Films via IMDb)

London Has Fallen mengisahkan tentang kematian Perdana Menteri Inggris yang misterius. Ternyata kematian tersebut adalah konspirasi yang dirancang teroris untuk mengumpulkan pemimpin dunia.

Film yang disutradarai oleh Babak Najafi ini dibintangi oleh Gerard Butler, Aaron Eckhart, dan Morgan Freeman.

Itulah beberapa rekomendasi film tentang teori konspirasi. Selamat menonton.

(juh)

[Gambas:Video CNN]