Sinopsis Eksil, Kisah Mahasiswa Terbuang Tak Bisa Pulang ke Indonesia

Berikut sinopsis film Eksil yang bercerita soal nasib mahasiswa yang tak bisa pulang ke indonesia sejak peristiwa 30 September 1965.

Sinopsis Eksil, Kisah Mahasiswa Terbuang Tak Bisa Pulang ke Indonesia
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Eksil merupakan dokumenter Indonesia terbaru karya garapan sutradara Lola Amaria. Film dokumenter ini menceritakan nasib para mahasiswa yang kehilangan kewarganegaraan sejak peristiwa 30 September 1965.

Berikut sinopsis film Eksil.

Berdasarkan laman Lembaga Sensor Film (LSF), film Eksil bercerita tentang salah satu sejarah terkelam bangsa Indonesia pada 1965 sejak peristiwa Gerakan 30 September.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Film ini menggali kisah para mahasiswa pada tahun 1965 yang sedang mengemban pendidikan di luar negeri berkat mendapatkan beasiswa dari pemerintahan Presiden Sukarno.

ADVERTISEMENT

[Gambas:Video CNN]

Namun, para pelajar dan mahasiswa yang sedang tinggal di luar negeri itu mendapat nasib buruk. Mereka terjebak di luar negeri dan tidak bisa pulang ke Indonesia.

Mereka tersebar di banyak negara, seperti China, Uni Soviet, Belanda, Cheko-Slovakia, Jerman, dan Swedia.

Tidak hanya itu, mereka pun kehilangan kewarganegaraan, serta tidak bisa lagi bertemu dengan keluarga dan sahabat mereka yang berada di Indonesia.

Para pelajar dan mahasiswa Indonesia itu pun menjadi eksil. Mereka pun terjebak di negara orang lebih dari 30 tahun tanpa pernah kembali ke kampung halaman.

Eksil merupakan film dokumenter terbaru yang digarap oleh sutradara Lola Amaria. Tidak hanya menjadi sutradara, Lola Amaria juga menulis naskah film tersebut bersama Gunawan Rahardja.

Lola Amaria mulai menggarap film tersebut sejak 2015 hingga akhirnya rampung pada 2022.

Namun, ketika film ini akhirnya ditayangkan, beberapa eksil yang menjadi narasumber dari film tersebut telah meninggal dunia. Beberapa dari mereka pun ada yang sudah sakit karena usia tua.

Film ini mendapatkan penghargaan kategori Best Film dari Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2022, hingga Film Dokumenter Panjang Terbaik Festival Film Indonesia 2023.

Eksil sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 1 Februari 2024.

[Gambas:Youtube]

(pra)