Kenapa Film Warkop DKI Jadi 'Hilal' Musim Lebaran Tiba?

Indro Warkop berkelakar bahwa film-film Warkop DKI merupakan pertanda hari raya Idulfitri bagi orang yang bosan dengan rapat penentuan hilal.

Kenapa Film Warkop DKI Jadi 'Hilal' Musim Lebaran Tiba?
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Film komedi Warkop DKI begitu identik dengan hari raya Idulfitri. Pasalnya, film lawas yang dibintangi trio Dono, Kasino, Indro itu hampir selalu menghiasi layar kaca setiap musim Lebaran tiba.

Fenomena itu juga disadari oleh Indro, anggota trio komedian legendaris tersebut. Ia bahkan berkelakar bahwa film-film Warkop DKI merupakan pertanda hari raya Idulfitri bagi orang yang bosan dengan rapat penentuan hilal.

"Karena orang bosan dengan rapat menentukan hilal," kelakar Indro sambil tertawa, dalam wawancara bersama CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

"Ketika ada film Warkop, udah pasti lebaran. Begitu ada film Warkop, pasti ada lebaran," lanjutnya.

Namun di balik guyon itu, Indro menilai fenomena tersebut berasal dari kebiasaan turun temurun yang berkembang menjadi tradisi di dunia layar kaca.

[Gambas:Video CNN]

Semua berawal dari film Warkop yang selalu dirilis setiap musim libur Lebaran dan libur tahun baru era '80-an hingga '90-an. Kala itu, masyarakat setiap tahun berbondong-bondong ke bioskop agar tak ketinggalan penayangan perdana film Warkop DKI.

Indro mengenang pada masa itu bioskop-bioskop bahkan memasang tarup setiap satu minggu sebelum hari Lebaran. Pasalnya, halaman gedung bioskop itu selalu dipenuhi antrean penonton yang mengular.

"Dulu itu kalau sudah seminggu sebelum Lebaran, di bioskop seluruh Indonesia pakai tarup karena akan berderet antreannya," kenang Indro. "Biar enggak panas, dan itu gila. Itu seminggu sebelum Lebaran,"

Indro juga teringat bahwa tidak sedikit pula para pencatut yang ikut mengantre untuk mengais keuntungan pribadi. 

Lanjut ke sebelah...

'Pesta Rakyat'

BACA HALAMAN BERIKUTNYA