Harapan Menpora buat Kreativesia, Ajang Kreasi Pemuda Indonesia

Pada akhir pekan, Menpora Dito Ariotedjo berada di Solo dalam acara Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia). Ia menuturkan harapannya.

Harapan Menpora buat Kreativesia, Ajang Kreasi Pemuda Indonesia
image
Jakarta -

Pada akhir pekan, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berada di Solo dalam acara Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia). Ia menuturkan harapannya.

Di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8) kemarin, Menpora Dito berharap Kreativesia bisa menjadi ajang kolaborasi sesama komunitas untuk menghasilkan karya dan gagasan inovatif.

"Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia merupakan upaya kita bersama untuk memberikan penghargaan kepada individu, komunitas, dan lembaga yang telah berdedikasi menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa," kata Menpora Dito dalam sambutannya, seperti dilansir situs resmi Kemenpora.

Disebutkan lebih lanjut oleh Menpora Dito, selain merayakan kreativitas, pihaknya juga menginginkan agar berbagai komunitas saling berkolaborasi. Kreativesia sendiri merupakan ajang pertemuan komunitas yang berbasis hobi, isu, profesi, minat, hingga bakat, dengan konsep mendidik dan menghibur.

"Saya lihat ini banyak komunitas. Ada komunitas disabilitas, sepeda bmx, musik, film, hingga kuliner. Saya senang melihat semuanya itu pada guyub," ujar Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito menyampaikan alasan dipilihnya Solo menjadi tuan rumah Kreativesia. Solo merupakan kota yang akan mewakili Indonesia di seleksi jejaring kota kreatif UNESCO.

"Pura Mangkunegaran Solo mempunyai peran penting atas terpilihnya Kota Solo sebagai calon nominasi anggota UNESCO Creative Cities Network (UCCN) atau Jejaring Kota Kreatif periode 2023," jelas Menpora Dito.

"Maka dari itu, saya berharap acara kreativasia ini bisa menjadi pondasi agar kota Solo terpilih menjadi Jejaring Creative Cities Network oleh UNESCO. Di dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat. Saya senang kegiatan ini dapat memperkuat gotong royong antara para pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi, private sektor dan pemerintah," tambahnya.

Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia dimeriahkan oleh berbagai penampilan komunitas misalnya musik, talkshow, hingga festival makanan. Ikut hadir dalam kesempatan ini Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

(krs/raw)