Film Siksa Neraka Ditolak Malaysia, Film Tiga Dara Dulu Sukses di Malaysia

Malaysia melarang tayang film Indonesia Siksa Neraka. Dulu, pada 1957, pernah ada film yang sukses di Malaysia, yaitu Tiga Dara.

Film Siksa Neraka Ditolak Malaysia, Film Tiga Dara Dulu Sukses di Malaysia
image

Malaysia dan Brunei melarang film Indonesia, Siksa Neraka, tayang di Malaysia. Sebelumnya, pernah ada The Raid 2 dan Rumah Dara yang dilarang tayang di Malaysia.

Pada 1957, film Indonesia garapan sutradara Usmar Ismail, Tiga Dara, sukses di Malaysia. Biasanya, Malaysia selalu meminta tiga film dari Indonesia untuk bisa mengirimkan satu film dari Malaysia, tetapi untuk Tiga Dara ada pengecualian.

Pada 1950-an- 1960-an, agar film Indonesia bisa tayang di Malaysia, ada syarat ekspor-impor film yang harus dipenuhi. Indonesia harus mengirimkan tiga judul film untuk ditayangkan di Malaysia, tetapi Malaysia cukup mengirim satu film ke Indonesia.

Oohya! Baca juga ya:

2,5 Juta Penonton Film Siksa Neraka, Capres yang Mengumpat Apa Hukumannya? Di Komik Azab Neraka Ada Setrika Arang untuk Menghukum

Saat itu Malaysia (saat itu masih Malaya) mengklaim film-film mereka lebih bagus dari film Indonesia. Lalu mereka berani memperlakukan berbeda terhadap Tiga Dara, menukar dengan film Mega Mendung.

“Pengelola bioskop Malaysia melihat animo besar masyarakat Malaysia, sehingga berani menukar Tiga Dara hanya dengan satu film Malaysia,” kata Manajer Penjualan Perfini Naziruddin Naib, seperti dikutip Java Bode.

Pelarangan Siksa Neraka, Rumah Dara, dan The Raid 2, tentu bukan karena kualitas filmnya. Melainkan karena adegan kekerasan yang ada di dalamnya, yaitu memvisualkan siksa neraka.

The Raid 2 (2014) adalah film laga yang penuh aksi kekerasan. Rumah Dara (2009) juga mengandung kekerasan. Ini film horor yang menampilkan kisah para pemuda yang terjebak di rumah seorang jagal.

Oohya! Baca juga ya:

Tahun-Tahun Kekalahan Diponegoro dari Belanda

Skenario Tiga Dara ditulis oleh Usmar Ismail dan Alwi Dahan. Kisahnya terinspirasi dari kisah film Amerika Serikat Three Smart Girls (1936). Peminat Tiga Dara sangat luar biasa begitu film ini tayang pada 1957.

Untuk bisa menonton pada pukul 15.30, 18.00, dan 20.00 WIB, tiket sudah dijual pada pukul 09.00-11.00 WIB. Selalu habis terjual.

Banyak yang tak kebagian tiket. Ada yang rela keluar kocek lebih banyak karena membeli tiket dari calo.