Animator Asal Indonesia Ikut Rancang Film Terbaru Disney "Wish"

Proses produksi film animasi "Wish" besutan Disney ternyata melibatkan sosok animator dari Indonesia yang bertugas merancang konsum karakter u

Animator Asal Indonesia Ikut Rancang Film Terbaru Disney "Wish"

Film Wish Disney © Tangkapan Layar YouTube Walt Disney Studio


Penggemar film-film animasi besutan Disney tengah menyambut Wish yang tayang beberapa hari lalu. Menariknya, proses produksi film komedi musikal ini ternyata turut melibatkan kreativitas anak bangsa.

Film Wish berkisah tentang Asha, seorang gadis pintar dan berkemauan kuat yang hidup di Rosas. Setiap hari, ia membantu teman-temannya di dapur istana sekaligus menjadi pemandu tur bagi turis yang sedang berwisata di Rosas.

Asha berambisi untuk menyelamatkan komunitasnya dari Raja Magnifico yang merupakan musuh paling tangguh sekaligus penguasa Rosas. Dalam petualangannya ini, Asha dibantu oleh kekuatan kosmik bola kecil yang disebut Star.

Perancang kostum dari Indonesia

Asha dan Star di film Wish
info gambar

Karakter Asha dan Star di film Wish | YouTube Walt Disney Studios

Selain jalan cerita dan karakternya yang unik, Wish juga melibatkan animator Indonesia dalam proses produksi film untuk perayaan 100 tahun Disney ini. Ia adalah Griselda Sastrawinata-Lemay, selaku Associate Production Designer.

Dikutip dari Tempo, Griselda tak hanya bertugas mendesain semua karakter utama di film Wish, ia juga mencurahkan kreativitas untuk merancang tampilan kostumnya. Mulai dari kostum Asha, Raja Magnifico, Ratu Amaya, Valentino, hingga Star.

Sebagai informasi, film Wish tayang di seluruh bioskop pada 22 November 2023 lalu. Film ini disutradarai oleh Chris Buck yang sukses dengan Frozen, dan Fawn Veerasunthorn yang sebelumnya berkiprah di film Raya and the Last Dragon.

Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia Sosok di Balik Film Frozen 2 dan Moana

Kiprah sukses animator Tanah Air

Film Wish bukan pertama kalinya bagi animator Indonesia untuk berkiprah di mancanegara. Bersumber dari VOA, pada 2014 lalu, Indonesia pernah dibikin bangga oleh Ronny Gani atas kontribusinya di film Transformers: Age of Extinction.

Tak hanya itu, ia juga sempat terlibat di film Hollywood lain, mulai dari Pacific Rim hingga The Avengers. Di film Transformers, ia jadi salah satu animator yang andil dalam menghasilkan visual yang fantastis dari pertempuran para Autobots dan Deceptions.

Animator asal Malang, Jawa Timur, juga tak kalah mengharumkan nama Indonesia. Adalah Tatik Setyowati, yang terlibat dalam pembuatan film Disney seperti Top Wing dan Vampirina. Ia juga pernah menggarap film animasi asal Prancis berjudul Ghost Force.

Menjadi Animator Internasional, Ronny Gani: Ada Peluang Besar bagi Animator Indonesia

Referensi:

  • Tempo. Serba-serbi Film Wish, Sinopsis hingga Pengisi Suara. https://seleb.tempo.co/read/1800534/serba-serbi-film-wish-sinopsis-hingga-pengisi-suara?tracking_page_direct
  • VOA Indonesia. Transformers Age of Extinction Libatkan Animator Indonesia Ronny Gani. https://www.voaindonesia.com/a/transformers-age-of-extinction-libatkan-animator-indonesia-ronny-gani/1945064.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News