Serial Superhero 'TIRA' Rilis Setelah Tiga Tahun Pengerjaan, Joko Anwar Akui Indonesia Kekurangan Sumber Daya Manusia

Serial pertama dalam Bumilangit Cinematic Universe bertajuk TIRA akhirnya siap rilis ke publik pada pertengahan Desember mendatang. Simak info lengkapnya!

Serial Superhero 'TIRA' Rilis Setelah Tiga Tahun Pengerjaan, Joko Anwar Akui Indonesia Kekurangan Sumber Daya Manusia

Kapanlagi.com - Serial pertama dalam Bumilangit Cinematic Universe bertajuk TIRA akhirnya siap rilis ke publik pada pertengahan Desember mendatang. Namun, dua episode awal secara khusus diputar dalam acara tahunan Jogja-Netpac Asiam Film Festival (JAFF) 2023.

Joko mengatakan bila pembuatan serial ini sudah dimulai sejak tahun 2020. Namun karena terkendala pandemi dan sumber daya manusia, akhirnya baru bisa rilis tiga tahun kemudian.

"Ini project dari tahun 2020. Karena resources untuk bikin film dan serial superhero sangat limited, jadi kita harus mengumpulkan resources terbaik yang kita punya. Makanya cukup lama banget untuk pembuatan sebuah serial superhero dengan delapan episode," kata Joko dijumpai di Empire XXI, Yogyakarta, Rabu (29/11/2023).

1. Kalah Cepat dari Hollywood

image

Joko Anwar menyadari bahwa sumber daya manusia untuk pembuatan film atau serial superhero di Indonesia belum banyak. Sehingga tidak perlu dibandingkan dengan Hollywood.

"Kalau di luar negeri bikin film atau serial superhero bisa cepat. Kalau di negara kita, negara regional di Southeast Asia ini, limited sekali," papar Joko yang bertindak sebagai produsee kreatif dalam serial TIRA.

2. Gagalkan Ritual Sembilan Naga

TIRA disutradarai oleh sineas asal Malaysia yakni Zahir Omar. Memasang Chelsea Islan sebagai pemeran utama bernama Suci alias Tira, juga Bhisma Mulia, Agnes Naomi serta Karina Suwandi.

Akan hadir sebanyak delapan episode, TIRA berkisah tentang seorang stuntwoman bernama Suci yang tanpa sengaja menggagalkan ritual sembilan naga. Karena itu dia harus berusaha mencari cara menyelamatkan diri atau hidupnya berakhir dalam waktu empat puluh hari.