5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang Hilang

Rekomendasi jika suka dengan film Missing

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang Hilang

Baru-baru ini film Missing cukup membuat gempar banyak masyarakat dunia, termasuk warga Indonesia. Pasalnya film yang berdurasi 1 jam 51 menit ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang berusaha mencari keberadaan ibunya yang hilang, lewat internet. Selain dari memiliki alur yang tidak bisa ditebak, Missing juga menghadirkan aksi-aski menegangkan, sekaligus menyeramkan.

Jika kamu suka dengan film terbaru di tahun 2023 ini, sepertinya kalian juga wajib banget untuk menonton beberapa film Indonesia, yang menceritakan tentang pencarian orang hilang. Ada horor hingga thriller, berikut ulasan lebih lengkapnya.

1. Film Jailangkung: Sandekala (2022)

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang HilangFilm Jailangkung Sandekala (dok. Screenplay Films / Jailangkung Sandekala )

Mengangkat tema mitos yang terjadi di tanah sunda, Jailangkung: Sandekala menceritakan tentang proses pencarian seorang anak kecil yang hilang ditengah hutan. Dimana ceritanya bermula dis aat sebuah keluarga berniat untuk melakukan wisata di daerah danau yang dikelilingi hutan, di daerah Jawa Barat.

Kegiatan liburan keluarga yang dilakukan menjelang waktu magrib ini, mengakibatkan hilangnya seorang anak bernama Kinan (Muzakki Ramdhan). Kabar kehilangan ini membuat semua anggota keluarga dan masyarakat sekitar menjadi sangat panik. Apalagi disaat mendengar sebuah mitos, bahwa ada makhluk Sandekala yang sering meculik anak.

Proses pencarian yang dilakukan oleh Adrian (Dwi Sasono), Sandra (Titi Kamal), Nicky (Syifa Hadju) dan Faisal (Giulio Parengkuan) ini, tidaklah mudah. Mereka semua bertaruh nyawa dan darah, agar bisa menemukan Kinan dan kembali ke pangkuan orang tuanya.

2. Film Perempuan Bergaun Merah (2022)

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang Hilangposter film perempuan bergaun merah (dok. Rapi Films/perempuan bergaun merah)

Masih dari fim bergenre horor, kali ini ada Perempuan Bergaun Merah (2022). Di film ini seorang perempuan bernama Kara (Stella Cornelia), menghilang secara misterius di tengah-tengah acara sebuah pesta. Tentunya kehilangan perempuan ini membuat banyak orang panik, termasuk sahabat dekatnya yaitu Dinda (Tatjana Saphira).

Berbagai hal dan usaha dilakukan oleh Dinda, untuk menemukan orang yang sudah dia anggap sebagai saudara ini. Tidak sendiri, Dinda juga ditemani oleh salah satu dari sahabatanya yang bernama Putra (Refal Hady).

Di tengah-tenngah pencarian Kara yang misterius ini, muncul teror-teror menyeramkan kepada orang-rang yang hadir tesebut dari hantu yang menggunakan gaun merah. Beberapa orang berpikir, kalau hantu tersebut adalah hantu dari Kara, yang meninggal gara-gara melakukan sebuah aksi bunuh diri.

3. Film Pencarian Terakhir (2008)

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang HilangFilm Pencarian Terakhir (dok. Vandea Production / Pencarian Terakhir)

Selanjutnya ada film Pencarian Terakhir, yang dibintangi oleh Lukman Sardi, Richa Novisha, Yama Carlos, dan Alex Abbad. Cerita dari film Pencarian Terakhir bermula disaat Sita (Richa Novhisa), mendapatkan informasi bahwa adiknya yang sedang mendaki gunung, dikabarkan hilang bersama dengan teman-temannya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Kabar mengejutkan ini membuat Sita yang dibantu oleh beberapa temannya, berusaha untuk menemukan kembali Gancar (Tesadesrada Ryza), yang hilang tanpa jejak. Tentunya proses pencarian Gancar ini mempunyai banyak sekali tantangan dan rintangan yang harus mereka sumua hadapi.

Tidak hanya lokasi yang sulit untuk didaki dan dilalui, mereka semua juga terhambat oleh beberapa "penunggu" di gunung tersebut yang merasa terganggu. Bahkan teror-teror bermunculan terus menerus, kepada mereka semua yang berusaha melakukan pencarian.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Film Korea Pemain Film Count, Tayang 22 Februari 

4. Series Paradise Garden (2021)

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang HilangSeries Paradise Garden (dok. Screenplay Films / Paradise Garden)

Series Paradise Garden, mengawali kisahnya dari pasangan calon pengantin yang menghilang secara misterius. Hilangnya calon pengantin ini, membuat masing-masing dari saudaranya merasa sangat penasaran dengan masalah yang sebenarnya. Dimana pencarian ini dilakukan oleh Revan (Jefri Nichol) dan Navya (Vanesha Prescilla).

Proses pencarian yang dilakukan oleh dua orang anak muda ini, sulit untuk menemukan titik temu. Pasalanya, banyak sekali orang-orang yang tidak mau terbuka dan memberikan informasi secara sempurna. Katanya mereka tidak mau untuk membuka mulut, karena takut dibunuh atau menjadi target sasaran hilang selanjutnya.

Pencarian ini ternyata berhasil mengungkap hal-hal lain, yang sebelumnya tidak terpikirkan. Dimana sebelumnya banyak juga orang-orang yang hilang secara terorganisir, oleh sekelomok orang yang tidak biasa. 

5. Film Kisah Tanah Jawa: Merapi (2019)

5 Film dan Series Indonesia Hadirkan Cerita Pencarian Orang HilangKisah Tanah Jawa: Merapi (dok. Rapi Films / Kisah Tanah Jawa: Merapi)

Selanjutnya ada serial web yang tayang di WeTV, ada Kisah Tanah Jawa: Merapi (2019). Serial web ini menceritakan tentang proses pencarian orang hilang, yang dilakukan oleh Andi (Deva Mahenra) dan Babon (Joshua Suherman). Dimana orang yang hilang itu adalah sahabat mereka, yang sebelumnya melakukan pendakian sebuah gunung.

Setelah melakukan serangkaian proses pencarian yang begitu menguras waktu dan energi. Andi, Babon dan beberapa orang lainnya, malah diganggu oleh hal-hal yang berbau mistis. Katanya, makhluk yang menggangu mereka selama proses pencarian ini adalah penunggu gunung merapi, yang sedang marah dan tidak ingin diusik.

Melaui film yang juga dibintangi oleh Wafda Saifan hingga Laura Basuki ini, kita menjadi sadar untuk tidak gegabah dalam melakukan semua hal. Kita tidak boleh terlalu peracaya diri dengan diri sendiri, jika memang tidak mempunyai sebuah keahlian atau pengalaman.

Mempunyai banyak misteri yang tidak bisa ditebak di akhir cerita, kelima film dan series di atas sangat direkomendasikan bagi yang suka film Missing. Akting mereka pun tidak kalah bagus dan sangat ciamik.

Baca Juga: 10 Film Orisinal Apple TV+ Jebolan Festival Film Bergengsi, Ada Tetris

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.