Daftar Aksesori Mobil yang Wajib Dihindari Saat Perjalanan Mudik

Pemudik mobil pribadi diminta bijak mengemudi selama perjalanan termasuk menggunakan aksesori mobil.

Daftar Aksesori Mobil yang Wajib Dihindari Saat Perjalanan Mudik
Jakarta, CNN Indonesia --

Antusias masyarakat melakukan aktivitas mudik lebaran 2023 mengendarai mobil pribadi cukup besar. Mudik ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi sangat ringkas karena bisa digunakan saat tiba di tujuan tanpa harus menyewa kendaraan.

Pemudik mobil pribadi diminta bijak mengemudi selama perjalanan termasuk menggunakan aksesori mobil. Hindari penggunaan aksesori mobil berlebihan yang potensi memicu kecelakaan.

Berikut daftar aksesori tersebut.

Kaca film

Penggunaan kaca film memang dibutuhkan demi kenyamanan berkendara dan juga menjaga privasi. Namun, kaca film ternyata masuk ke dalam daftar aksesori yang berbahaya jika penggunaannya berlebihan.

Beberapa orang memilih menggunakan kaca film yang terlalu tebal, padahal itu bisa membuat pandangan Anda terhadap sekitar mobil berkurang. Meski begitu, penggunaan kaca film pun tetap perlu.

Sebab terlihatnya kondisi dalam kabin mobil akan mengundang banyak tindak kejahatan. Karena itulah, ketebalan kaca film perlu Anda perhatikan dengan baik.

Lampu HID

Demi tampilan yang keren, beberapa pecinta otomotif mengubah lampu bawaan mobilnya dengan lampu HID.

Lampu yang memberikan efek terang berwarna putih ini memang mampu memberikan tampilan berbeda dari sebuah mobil, namun sayangnya lampu ini justru berbahaya.

Pasalnya, terangnya lampu HID justru bisa membuat kendaraan di depan Anda terlalu silau sehingga akan mengganggu penglihatan kendaraan lain.

Hiasan kabin

Untuk meramaikan atau sekadar menghiasi kabin mobil, sebagian orang memilih menaruh barang kesukaannya seperti pajangan atau bahkan boneka. Hal tersebut tentu tidak salah, namun akan berbahaya jika berlebihan.

Karena itulah, jika Anda termasuk orang yang menaruh berbagai barang dalam kabin, usahakan agar barang tersebut tidak menghalangi pandangan Anda.

TV dasbor

Memasang TV pada mobil saat ini sudah banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Dengan alasan untuk hiburan, mereka pun rela mengeluarkan kocek lebih untuk memasangnya. Jika Anda merencanakan untuk memasangnya, sebaiknya hindari pemasangan di daerah dashboard mobil.

Alasannya, fokus pengemudi tidak akan teralihkan dengan televisi sehingga membahayakan pengendara mengutip keterangan resmi Nissan.

Infografis Jadwal One Way dan Contra Flow Arus Mudik di Tol Trans JawaInfografis Jadwal One Way dan Contra Flow Arus Mudik di Tol Trans Jawa. (Foto: Basith Subastian/CNNIndonesia)
(mik/mik)