11 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Tegang dan Haru

Tema perang menjadi salah satu film yang cukup banyak diminati penonton. Berikut rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa.

11 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa, Tegang dan Haru
Jakarta, CNN Indonesia --

Film bertema perang memang cukup banyak diminati karena menyuguhkan kisah perjuangan dan aksi yang menegangkan. Anda juga tidak perlu takut kehabisan rekomendasi film perang terbaik, karena ada banyak daftar judul yang dapat menjadi pilihan.

Meski kebanyakan berlatar di tahun-tahun lampau, sejumlah film perang juga diketahui banyak yang dirilis baru-baru ini sehingga memberikan visual yang lebih memukau bagi para penikmat film perang.

Ada banyak rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang dapat menjadi pilihan tontonan Anda, berikut beberapa di antaranya.

1. Apocalypse Now (1979)

Apocalypse Now merupakan film lawas yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Film yang dirilis pada 15 Agustus 1979 ini bercerita tentang Willard yang ditugaskan untuk membunuh kolonel Amerika yang berkhianat di tengah Perang Vietnam.

Banyak adegan dan dialog yang menjadi ikonis di film ini. Selain itu, meskipun lawas, film ini masih tetap seru untuk dinikmati saat ini sehingga dikatakan sebagai salah satu film perang terbaik sepanjang masa.

2. Braveheart (1995)

Braveheart adalah film bergenre biografi, drama, dan sejarah yang disutradarai oleh Mel Gibson. Film ini tayang pada 25 Mei 1995.

Film ini bercerita tentang perjuangan prajurit Skotlandia melawan kerajaan Inggris yang kejam di abad ke-13. Meski termasuk film lawas, Braveheart masih menyenangkan untuk dinikmati saat ini.

3. Pearl Harbor (2001)

PEARL HARBOR, HAWAII - DECEMBER 7: THe USS Michael Murphy performs a pass in review near the USS Arizona Memorial during the 71st Annual Memorial Ceremony commemorating the WWII Attack On Pearl Harbor at the World War 2 Valor in the Pacific National Monument December 7, 2012 in Pearl Harbor, Hawaii. This is the 71st anniversary of the Japanese attack on pearl Harbor.   Kent Nishimura/Getty Images/AFPFilm perang terbaik, Pearl Harbor (Foto: AFP/Kent Nishimura)

Pearl Harbor merupakan film perang yang tayang pertama kali pada 25 Mei 2001. Film ini disutradarai oleh Michael Bay dan mengambil latar perang dari peristiwa penyerangan Pearl Harbor oleh tentara Jepang.

Film ini bercerita tentang pertemanan Kapten Rafe dan Danny yang berseteru karena masalah asmara. Hal itu membuat Pearl Harbor menjadi salah satu film perang dengan bumbu drama romantis terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

4. The Pianist (2002)

The Pianist merupakan film berlatar belakang Perang Dunia II yang dirilis pada tahun 2002. Film yang disutradarai oleh Roman Polanski ini diadaptasi dari novel karya Wlady Szpilman.

Film ini menampilkan sisi lain dari invasi Jerman ke Polandia saat Perang Dunia II dan sukses menjadi film drama-biografi yang menarik perhatian penikmat film karena ceritanya yang menegangkan sekaligus menyentuh.

5. Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw Ridge merupakan film perang yang diangkat dari kisah nyata tentang seorang prajurit perang Amerika Serikat bernama Desmond Boss. Film yang tayang pada 4 November 2016 ini disutradarai oleh Mel Gibson.

Film ini akan memberikan gambaran bagaimana perjuangan Doss dalam berperang dan melihat bagaimana keadaan orang-orang yang berperang kala itu.

6. Dunkirk (2017)

Dunkirk 1958Film perang terbaik, Dunkirk (Foto: Courtesy of Ealing Films Limited)

Dunkirk merupakan salah satu film perang terbaik yang diangkat dari kisah nyata di tahun 1904. Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini tayang pada 21 Juli 2017.

Film bergenre aksi, drama, dan sejarah ini bercerita tentang penyelamatan tentara Inggris yang sudah terdesak oleh sekutu pada Perang Dunia II.

Film perang ini menyuguhkan sinematografi yang akan memanjakan mata para penontonnya.

7. 1917 (2019)

Adegan dalam film 1917 besutan sutradara Sam Mendes.Film perang terbaik, 1917 (Foto: Dok. IMDB/Universal Pictures and Storyteller Distribution Co. LLC.)

1917 merupakan film perang yang disutradarai oleh Sam Mender. Film ini tayang pada 4 Desember 2019.

Film ini bercerita tentang pasukan Inggris yakni tentara bernama Blake dan Schofield yang ditugaskan menyelesaikan misi khusus. Mereka berdua harus memperingati pasukan Inggris dari rencana serangan Jerman. 

1917 merupakan salah satu rekomendasi film perang terbaik sepanjang masa yang sayang untuk dilewatkan.

8. A Hidden Life (2019)

A Hidden Life merupakan film perang yang rilis di tahun 2019, film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Franz yang menolak ikut berperang bersama Nazi. Penolakan itu akhirnya dibalas dengan siksaan dan kekejaman.

Franz yang berasal dari keluarga yang bahagia berpikir mengapa harus ada peperangan dan pembunuhan kepada orang-orang yang tidak bersalah.

9. The East (2020)

The East merupakan film yang menceritakan tentang seorang tentara di bawah komandan Westerling untuk datang ke Indonesia bersama timnya di tahun 1946.

Dalam film ini ditunjukkan kebrutalan Westerling terhadap rakyat Indonesia di Sulawesi Selatan. Akibat kesadisannya, banyak nyawa melayang dan menimbulkan rasa trauma yang luar biasa bagi masyarakat.

10. Greyhound (2020)

GreyhoundFilm perang terbaik, Greyhound (Foto: dok. Columbia Pictures via IMDb)

Greyhound merupakan film perang bergenre aksi, drama, dan sejarah yang diadaptasi dari novel best seller karya C.S Forester yang tayang pada 2020. 

Film ini menceritakan tentang komandan angkatan laut Amerika yang bertugas untuk mengawal kapal perang kecil dengan kapal perangnya yang bernama Greyhound.

Namun, Ernest Krause yang merupakan komandan kapal diserang oleh kapal selam milik Jerman bernama U-Boat yang sangat kuat.

11. The Forgotten Battle (2021)

The Forgotten Battle mengisahkan tentang seorang pilot berkebangsaan Inggris, seorang lelaki Belanda yang berjuang di sisi Jerman, dan seorang wanita anggota perlawanan Belanda. Mereka terlibat dalam pertempuran Scheldt.

Meski mempunyai latar belakang yang berbeda, mereka semua sama-sama berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan.

Film ini memiliki karakter fiktif yang berlatar belakang peristiwa nyata, yakni pertempuran Scheldt yang terjadi saat Perang Dunia II.

Selain berlatar belakang historis, film ini mampu menunjukkan keterpurukan masyarakat Belanda saat di bawah pemerintahan Nazi.

Itulah sejumlah film perang terbaik. Selamat menonton!

(juh/fef)

[Gambas:Video CNN]