Basri & Salma Akan Keliling Festival Film Internasional Sebelum Pulang

Sebelum Basri & Salma pulang ke Indonesia, film pendek tersebut direncanakan akan keliling dunia ke berbagai festival film internasional.

Basri & Salma Akan Keliling Festival Film Internasional Sebelum Pulang
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Produser John Badalu memastikan film pendek Basri & Salma in a Never-Ending Comedy bakal berkeliling ke berbagai festival film internasional setelah tayang di Cannes Film Festival pada Mei mendatang.

Ia bahkan menyebut telah meneken kerja sama dengan agen pemasaran asal Italia, Lights On, terkait distribusi Basri & Salma di berbagai festival film.

"Kami kebetulan bekerja sama dengan salah satu sales agent yang basisnya di Italia. Jadi, dia yang menyusun strategi akan ke mana filmnya, ke festival mana atau apa pun itu," ucap John Badalu saat konferensi pers secara virtual, Kamis (27/4).

"Dia yang akan mengatur, kami cuma mengikuti saja. Dia sudah bikin strategi, kami tinggal bahas bersama," lanjutnya.

Badalu menjelaskan Lights On merupakan salah satu agen pemasaran ternama di bidang distribusi film. Perusahaan itu disebut telah berpengalaman membawa film-film pendek ke berbagai festival bergengsi.

Meski begitu, hingga kini pihak produser belum bisa memastikan kapan Basri & Salma pulang kampung untuk tayang di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Hal itu disebabkan karena film pendek tersebut sudah bekerja sama dengan Singapore International Film Festival. Dengan demikian, Basri & Salma akan tayang di festival itu terlebih dahulu sebelum pulang ke Indonesia.

"Memang ada masalah waktu, ada timing yang harus kami patuhi karena kami mendapat funding dari Singapore Film Festival," ucap Badalu.

"Mereka ingin kalau bisa pemutaran pertama di Asia Tenggara itu di festival mereka di Singapura," imbuhnya.

Namun, John Badalu memastikan akan menerima ajakan berbagai penyelenggara lokal yang ingin memutar film Basri & Salma di masa depan.

Basri & Salma terpilih bersama 10 film lain dari berbagai negara dalam kategori The Short Films Competition. Mereka akan bersaing untuk mendapatkan penghargaan The Short Film Palme d'Or.

Pengumuman pemenang akan disampaikan saat upacara penutupan Cannes Film Festival 2023 pada 27 Mei mendatang.

Basri & Salma in a Never-Ending Comedy berkisah tentang Basri (Arham Rizky Saputra) dan Salma (Rezky Chiki), pasangan suami istri yang bekerja sebagai tukang odong-odong.

Pasangan itu telah menikah selama lima tahun, tetapi belum juga dikaruniai anak. Situasi itu pun membuat mereka mendapat tekanan dari saudara dan keluarga besar.

Tekanan hingga berbagai pertanyaan dari sanak saudara itu pun memicu mereka mengungkap rahasia besar di balik alasan Basri dan Salma belum dikaruniai anak.

Basri & Salma in a Never-Ending Comedy digarap oleh Khozy Rizal, sutradara yang dikenal lewat Makassar is a City for Football Fans (2021) dan Ride to Nowhere (2022).

(frl/pra)