Barbie dan Oppenheimer Masih Kuasai Box Office di Pekan Kedua

Barbie dan Oppenheimer masih menguasai puncak box office Amerika Utara dan secara global di pekan kedua.

Barbie dan Oppenheimer Masih Kuasai Box Office di Pekan Kedua
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Barbie dan Oppenheimer masih menguasai puncak box office Amerika Utara di akhir pekan kedua. Kedua film tersebut masih meraup pendapatan dengan angka yang impresif.

Performa film yang disutradarai Greta Gerwig soal boneka Barbie hanya mengalami penurunan sebanyak 43% dan berhasil memperoleh US$93 juta di akhir pekan kedua.

Sehingga, berdasarkan laporan Variety pada Minggu (30/7), Barbie telah mengantongi US$351,4 juta di Amerika Utara atau setara Rp5,3 triliun.

Sedangkan, performa film tersebut secara global telah mencapai US$750 juta, setara Rp11,3 triliun. Ini membuat Barbie menjadi film terbesar ketiga di tahun 2023.

Sementara itu, film Oppenheimer juga masih memiliki performa yang prima di akhir pekan kedua dengan mendapatkan US$46,6 juta atau setara Rp704 miliar.

[Gambas:Video CNN]

Pendapatan ini membuat Oppenheimer sebagai film dengan rating R pertama yang berhasil mengantongi lebih dari US$10 juta selama 10 hari berturut-turut.

Sehingga, film yang disutradarai Christopher Nolan itu telah mengantongi US$174 juta atau Rp2,6 triliun di box office Amerika Utara dan US$400 juta atau Rp6 triliun di box office global.

Pencapaian Oppenheimer ini bahkan telah mengungguli film-film Christopher Nolan lainnnya, seperti Tenet yang berada di angka US$365 juta dan Batman Begins dengan angka US$373 juta.

Selain Barbie dan Oppenheimer, film-film yang tayang di bioskop lainnya tampak lesu. Film terbaru Disney, berjudul Haunted Mansion, hanya debut dengan angka US$24,6 juta atau setara Rp371 miliar di 3.700 bioskop Amerika Utara.

Total pendapatan Haunted Mansion cuma mencapai US$33 juta atau Rp498 miliar di pekan pertama secara global. Padahal, mereka menghabiskan bujet sebesar US$150 juta untuk membuat film tersebut.

Sedangkan film Mission: Impossible - Dead Reckoning Part 1 berada di posisi kelima box office domestik dengan pendapatan US$10, juta. Sejauh ini, film yang dibintangi Tom Cruise itu mengantongi US$448 juta secara global.

Barbie merupakan film terbaru garapan Greta Gerwig, sutradara yang terkenal lewat Lady Bird (2017) hingga Little Women (2019). Gerwig berkolaborasi dengan pasangannya, Noah Baumbach, yang menjadi penulis naskah.

Margot Robbie dan Ryan Gosling ditunjuk sebagai pemeran utama, yakni Barbie dan Ken. Namun, film tersebut juga diramaikan deretan aktor dan aktris yang berperan sebagai Barbie dan Ken varian lain.

Oppenheimer merupakan film terbaru Christopher Nolan yang diadaptasi dari buku American Prometheus (2005) karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Film itu mengisahkan perjalanan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan teoretis yang berperan penting dalam penciptaan bom atom ketika memimpin penelitian untuk Manhattan Project.

Cillian Murphy dipercaya sebagai pemeran utama dalam film tersebut, yakni sebagai Oppenheimer. Film itu juga dibintangi Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., hingga Florence Pugh.

Barbie dan Oppenheimer tayang di bioskop mulai 19 Juli 2023.

(pra)