5 Film Indonesia yang Sarat Pesan Moral, Ada Budi Pekerti

Film seperti ini patut ditonton dan diapresiasi

5 Film Indonesia yang Sarat Pesan Moral, Ada Budi Pekerti
image

Dunia perfilman Indonesia semakin hari menunjukkan perkembangan yang signifikan. Tidak hanya film bertema romansa akan tetapi banyak film Indonesia yang mempunyai nilai moral. Film-film dengan nilai moral dapat memberikan dampak positif pada penonton, membuka ruang diskusi, dan merangsang pemikiran.

Film yang mengangkat nilai-nilai moral dapat berperan sebagai alat edukatif yang efektif dan tidak hanya sekedar hiburan melainkan sebagai pembelajaran. Lalu, apa saja film-film Indonesia yang sarat dengan pesan moral yang menyentuh? Yuk cek daftarnya!

1. Miracle in Cell No.7

https://www.youtube.com/embed/0uf6QUacVgs

Nah film ini merupakan hasil remake dari drama korea dengan judul yang sama, kamu wajib siapkan tisu saat menonton. Film ini mengandung kisah yang dapat menyentuh dengan alur ceritanya yang menarik dan sarat makna. Menceritakan kisah hubungan ayah dan anak yang memberikan pembelajaran berharga kepada kita semua.

Dikisahkan bahwa sang ayah Dodo memiliki kecerdasan yang terbatas akan tetapi kecintaannya kepada Kartika sangat besar. Di sisi lain karena kecerdasan Dodo, Kartika lah yang sering membantu ayahnya dan sangat menyayangi ayahnya. Awalnya kehidupan mereka bahagia hingga suatu ketika ayahnya dituduh melakukan tindak kriminal dan dijatuhi hukuman mati.

2. Keluarga Cemara

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Kalau film satu ini sebaiknya ditonton saat kamu bersama dengan keluarga, karena film ini banyak mengandung romansa keluargaan. Film ini mengkisahkan tentang seorang Abah yang ditimpa musibah dan harus melanjutkan kehidupannya bersama dengan keluarga. Abah yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahma ini awalnya hidup berkecukupan. Hingga suatu ketika rumah dan kekayaannya disita oleh penagih hutang untuk membayar utang perusahaan yang disebabkan oleh kakak iparnya.

Untuk mengatasi situasi ini, dia memutuskan untuk sementara pindah ke rumah di desa terpencil di Jawa Barat. Kegigihan abah dalam menghadapi masalah dan tantangan besar dalam menghidupi keluarganya di desa menjadi daya tarik tersendiri. Hal itulah yang membuat film ini bikin mewek dengan lika-liku masalah keluarga yang dihadapi dan perjuangan seorang ayah dalam membahagiakan keluarga tercintanya.

3. Filosofi Kopi

https://www.youtube.com/embed/SIWtKj9j3sw

Film ini wajib kamu tonton  karena selain menghibur, juga memberikan perspektif bisnis perkopian yang menarik. Nah film ini cocok banget ditonton cowok-cowok yang suka hal berbau kopi, tapi cewek juga boleh, loh.

Dalam cerita Filosofi Kopi, Ben dan Jody, pemilik kedai kopi di Jakarta, menjalani perjalanan pencarian jiwa dan rekonsiliasi dengan masa lalu melalui dunia kopi. Dengan diuji oleh tantangan membuat kopi sempurna untuk seorang pengusaha, mereka merenungkan hubungan pahit dengan orang tua mereka.

Film ini tidak hanya menceritakan kisah, tetapi juga menghadirkan pandangan baru tentang keindahan dan makna kopi Indonesia, dengan penuh gairah dan cinta.

Baca Juga: 10 Film Horor Indonesia yang Diprediksi Tayang di Tahun 2024

4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

https://www.youtube.com/embed/TcHh986XvI4

Bercerita tentang keluarga, film ini menggambarkan dinamika keluarga dengan sangat mendalam. Konflik dan hubungan antar keluarga dibangun dengan kompleks dan cerita yang menghadirkan emosional yang sangat relate dengan kenyataan.

Film NKCTHI menceritakan keluarga Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha), dan Awan (Rachel Amanda) yang biasa saja tetapi menyimpan cerita pilu. Awan setelah kegagalan besar bertemu dengan Kale hingga membuka perspektif hidup baru. Bersama-sama mereka belajar tentang patah hati, bangkit, jatuh, tumbuh, kehilangan, dan ketakutan manusia. Pertemuan ini mengubah Awan dalam menghadapi tekanan dari orangtuanya dan memicu perlawanan tiga kakak beradik hingga terungkap rahasia keluarga.

5. Budi Pekerti

https://www.youtube.com/embed/tIbhZ1a4Lxs

Terbaru dan masih hangat ada Budi Pekerti yang masih mengangkat tema keluarga. Film ini menceritakan Prani Siswoyo, seorang guru bimbingan konseling (diperankan oleh Sha Ine Febriyanti), yang menghadapi dampak dari video kontroversial di media sosial. Pengaruh media sosial membentuk pandangan negatif terhadap Bu Prani dan keluarganya secara tidak adil. Film ini mencerminkan fenomena sosial modern dengan kemajuan digitalisasi, memberikan pelajaran berharga dan kutipan satir yang penuh pesan moral. Kehidupan Bu Prani dan keluarga yang awalnya baik-baik saja menjadi kacau dengan satu video yang belum jelas kebenarannya.

Dengan demikian, film-film yang membawa nilai moral bukan hanya sekadar hiburan, melainkan juga penawar pemikiran dan alat edukatif yang efektif. Mari kita terus mendukung dan menikmati perjalanan perkembangan sinema Indonesia yang semakin berwarna dan bermakna.

Baca Juga: 9 Film yang Diperankan Annisa Hertami, Terbaru Budi Pekerti

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.