7 Rekomendasi Film Bertema Kepribadian Ganda Terbaik

Ada beragam film tentang kesehatan mental, salah satunya bertema kepribadian ganda. Berikut rekomendasi terbaiknya yang sayang untuk dilewatkan.

7 Rekomendasi Film Bertema Kepribadian Ganda Terbaik
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beragam film tentang kesehatan mental, salah satunya bertema kepribadian ganda. Jika Anda tertarik menontonnya, jangan sampai lewatkan sejumlah rekomendasi film bertema kepribadian ganda terbaik.

Tidak hanya memiliki kisah yang unik, film-film tersebut juga seru untuk diikuti dan dipelajari.

Kepribadian ganda sendiri merupakan gangguan identitas yang ditandai dengan adanya dua atau lebih kepribadian yang berbeda.

Anda bisa melihat gambaran mengenai kondisi tersebut melalui film-film dengan karakter kepribadian ganda berikut ini. 

1. Me, Myself and Irene (2020)

Me, Myself and Irene merupakan salah satu film psikologi terbaik yang dibintangi oleh Jim Carrey. Film bergenre komedi gelap ini bercerita tentang Charlie Baileygates, seorang polisi yang ramah tetapi menyimpan sesuatu yang gelap di dalam dirinya.

Selama hidupnya, Charlie ternyata menahan kemarahan dan sifat-sifat buruknya agar terlihat menyenangkan di hadapan orang lain. Hal itulah yang memicu munculnya kepribadian-kepribadian lain dalam dirinya.

2. Identity (2003)

Identity (2003)Rekomendasi film bertema kepribadian ganda, salah satunya Identity (Foto: Columbia Pictures via Imdb)

Cerita tentang kepribadian ganda juga dapat ditemukan di film berjudul Identity. Film ini bercerita tentang sebuah motel yang penuh dengan misteri karena semua tamu yang menginap terbunuh secara berurutan.

Di sisi lain, ada seorang terpidana yang mengidap kepribadian ganda bernama Malcolm Rivers. Ia akan segera dihukum mati karena dituduh membunuh korbannya secara sadis.

Selain menyuguhkan ketegangan dan rasa penasaran, film ini juga memiliki twist yang benar-benar tidak terduga.

3. Secret Window (2004)

Secret Window dok. Columbia PicturesRekomendasi film bertema kepribadian ganda, salah satunya Secret Window (Foto: dok. Columbia Pictures)

Di tahun 2004, dirilis film tentang kepribadian ganda berjudul Secret Window. Film ini bercerita tentang Mort Rainey (Johnny Depp), seorang penulis yang baru saja bercerai dari istrinya.

Ia memutuskan pindah ke sebuah pondok yang letaknya jauh dari kota New York. Rainey juga ingin memulihkan kesehatan mentalnya di tempat itu. Namun tiba-tiba seorang petani, John Shooter (John Turturro) menuduh Rainey menjiplak karyanya.

4. Sybil (2007)

Salah satu film psikologi terbaik yang mengangkat tema tentang kepribadian ganda berikutnya adalah Sybil. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang gadis penderita penyakit jiwa Shirly Ardell Mason yang memiliki 10 kepribadian berbeda dalam dirinya.

Adapun salah satu kepribadian yang paling dominan dalam diri Shirley bernama Sybil. Sybil (Tammy Blancahard) meminta bantuan seorang psikiater Cornelia Wilbur (Jessica Lange) untuk mengatasi masalah psikologisnya.

5. Shutter Island (2010)

Shutter Island merupakan film bergenre thriller horor psikologis yang mengisahkan tentang seorang US Marshal bernama Edward "Teddy" Daniels (Leonardo DiCaprio) dan rekannya Chuck Aule (Mark Ruffalo).

Mereka ditugaskan melakukan penyelidikan di sebuah rumah sakit jiwa di pulau terpencil setelah salah satu pasiennya menghilang secara misterius.

Kemudian Teddy merasa ada yang tidak beres dengan rumah sakit itu karena penyelidikannya terkesan dihalangi oleh kepala rumah sakit yakni Dr. Crwaley (Ben Kingsley).

6. Split (2016)

Adegan Film SplitRekomendasi film bertema kepribadian ganda, salah satunya Split (Foto: Courtesy Universal Pictures)

Split merupakan film kedua dari trilogi, setelah Unbreakable. Film ini bercerita tentang karakter Kevin Wendell (James McAvoy) yang mempunyai gangguan kepribadian ganda.

Wendell diketahui memiliki 24 kepribadian yang berbeda. Namun satu yang paling menonjol adalah The Beast, yang merupakan sosok antagonis berbadan kekar dan mempunyai kekuatan besar.

Dalam kepribadiannya yang kerap berubah-ubah tersebut, Wendell menculik tiga remaja putri dan menyiksa mereka.

7. Glass (2019)

Glass merupakan film terakhir dari rangkaian trilogi, setelah Unbreakable dan Split. Film ini menceritakan tentang The Beast, salah satu kepribadian dominan yang tersembunyi di dalam diri Kevin.

Kepribadian ini merupakan gabungan dari banyak hewan yang pernah Kevin lihat di kebun binatang. Tak hanya itu, Kevin juga ternyata memiliki kemampuan super seperti mampu memanjat dinding, berlari sangat cepat, dan lainnya.

Selain Kevin, film ini juga menghadirkan dua tokoh lainnya yang ada di dua film sebelumnya yakni David Dunn dan Elijah Price.

Itulah sejumlah film tentang kepribadian ganda. Selamat menonton!

(juh/fef)

[Gambas:Video CNN]