Duo Penulis Avatar 2 Akui Kebanyakan Bahan Cerita

Dua penulis skenario Avatar: The Way of Water menceritakan tantangan dalam menulis film sekuel karya sutradara James Cameron itu.

Duo Penulis Avatar 2 Akui Kebanyakan Bahan Cerita
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua penulis skenario Avatar: The Way of Water, Rick Jaffa dan Amanda Silver, menceritakan tantangan dalam menulis film sekuel karya sutradara James Cameron itu.

Keduanya mengaku memiliki terlalu banyak bahan dari film pertamanya untuk dilanjutkan ke sekuelnya.

"Memikul beban ini selalu menjadi masalah dalam membuat babak pertama dari film pertama bergerak maju, dan ada banyak sekali materi di sana," kata Amanda Silver kepada Variety, Kamis (22/12).

Saat menggarap skenario film Avatar 2, James Cameron bersama Jaffa dan Silver mesti mengejar ketertinggalan selama 14 tahun sejak film pertamanya rilis pada 2009 lalu.

Ketiganya, yang bekerja sama sebagai penulis skenario, mesti memperkenalkan kembali Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana) yang merupakan dua pemeran utamanya. Mereka juga harus memperkenalkan karakter-karakter baru, yaitu keempat anak Jake dan Neytiri.

Tidak hanya itu, mereka juga harus menyinggung soal RDA, organisasi yang berusaha menjajah Pandora, yang dipimpin oleh Miles Quaritch (Stephen Lang).

Karena merasa Avatar memiliki terlalu banyak bahan untuk diceritakan, James Cameron pada suatu titik memutuskan untuk membagi Avatar 2 menjadi dua film.

"Jadi, ketika kami mulai menulis, [James Cameron] menelpon kami berkata, 'Sepertinya kita kebanyakan bahan. Kita akan membaginya menjadi dua film'," ungkap Amanda Silver meniru pembicaraan dengan Cameron saat itu.

[Gambas:Video CNN]

Silver dan Rick Jaffa awalnya menawarkan solusi yang lain, yaitu memotong skenario. Tapi, ide tersebut ditolak oleh Cameron dan tetap berpegang pada keputusannya.

"Dia bilang, 'Tidak, kita ikuti saja jejak yang kita buat dan teruslah menulis'," ujar Jaffa mengingat kembali ucapan Cameron.

"Itu malah menjadi keputusan yang baik buat kami, lho," kata Jaffa terkekeh.

Pada akhirnya Rick Jaffa dan Amanda Silver diberikan kepercayaan untuk menulis skenario Avatar 2 yang dilanjutkan dengan film ke-3.

Sedangkan, skenario Avatar 4 dan 5 dipercayakan kepada Josh Friedman dan Shane Salerno.

Avatar: The Way of Water merupakan film kedua dari saga Avatar garapan James Cameron. Saga ini diproyeksi akan merilis hingga lima film yang tayang dalam beberapa tahun mendatang.

Sederet aktor dari film pertama kembali bergabung dalam Avatar 2, seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, hingga Stephen Lang.

Selain itu, Avatar 2 juga dibintangi sejumlah aktor baru lainnya, seperti Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Clower, Britain Dalton, Jamie Flatters, hingga Jack Champion.

Avatar: The Way of Water sudah tayang di bioskop Indonesia sejak 14 Desember 2022.

(pra)

[Gambas:Video CNN]