5 Film Horor Indonesia Paling Laris Sepanjang Tahun 2022, Urutan Pertama Viral Banget!

5 film horor terlaris sepanjang tahun 2022

5 Film Horor Indonesia Paling Laris Sepanjang Tahun 2022, Urutan Pertama Viral Banget!

INDOZONE.ID - Meski sempat terpuruk selama 2 tahun terakhir karena pandemi Covid-19, industri perfilman Indonesia kembali bangkit dengan berbagai film terbarunya. Jumlah penonton film lokal sudah melebihi jumlah penonton film buatan luar negeri hingga akhir September tahun ini. 

Menariknya lagi, kebanyakan jumlah penonton film Indonesia tersebut didominasi oleh film-film bergenre horor. Mengutip data filmindonesia.or.id terdapat top 15 film Indonesia yang laris dipasaran sepanjang tahun 2022. 

Dari ke 15 film tersebut berhasil dirangkum menjadi top 5 film horor Indonesia terbaru tahun 2022 berikut ini: 

#5Jailangkung: Sandekala (1.540.332)

jailangkung
Jailangkung: Sandekala. (Screenplay Films)

Berada di urutan ke 5 sebagai film horor terlaris tahun 2022,  Jailangkung: Sandekala berhasil meraup hingga 1.540.332 penonton. Film ketiga Jailangkung ini punya nuansa gore yang sangat kental sebagai ciri khas dari sang sutradara yaitu Kimo Stamboel.

Film ini  berkisah tentang sebuah keluarga yang sedang melakukan road trip. Saat perjalanan, salah satu anak pada keluarga tersebut hilang secara misterius. Lalu sang kakaknya mencoba mencari keberadaan adiknya, alih-alih menemukan si adik ia justru menemukan sebuah boneka mengerikan yang ternyata adalah Jailangkung.

#4 The Doll 3 (1.764.077)

the doll 3
The Doll 3. (Hitmaker Studios)

Urutan ke 4 sebagai film  horor terlaris tahun 2022 ialah  The Doll 3 yang berhasil meraup 1.764.077 penonton. Film The Doll 3 juga menjadi salah satu film horor dengan konsep menarik. Tampilan boneka hantu yang hadir di film The Doll 3 bahkan tampak lebih mengerikan ketimbang pada dua film sebelumnya. 

Film The Doll 3 bercerita tentang Tara dan Gian dua kakak beradik yang menjadi yatim piatu setelah kecelakaan yang menewaskan orang tua mereka. Gian yang hanya terluka dari kecelakaan bersama orang tuanya lalu bunuh diri karena trauma berat.

Setelah itu, Tara mendapat boneka yang ia namai Bobby dan meminta bantuan kepada dukun untuk memanggil arwah adiknya ke dalam boneka itu. Namun, arwan adiknya yang masuk kedalam boneka Bobby mulai meneror orang-orang terdekat Tara.

#3 Ivanna (2.793.775)

ivanna
Ivanna. (MD Pictures)

Di urutan ke 3 ada film Ivanna dengan jumlah penonton sebanyak 2.793.775. Jumlah tersebut berhasil menempatkan Ivanna sebagai salah satu film terlaris per tahun 2022 ini.

Film hasil adaptasi salah satu novel karya Risa Saraswati ini berkisah tentang hantu noni Belanda yang dibunuh oleh tentara Jepang yang pada akhir hidupnya ia dikhianati oleh orang-orang pribumi yang selama ini ia santuni.

Sebelum mati dengan cara yang tragis, ia bersumpah untuk menuntut balas pada semua orang pribumi.

#2 Pengabdi Setan 2: Communion (6.390.970)

pengabdi setan
Pengabdi Setan 2. (Rapi Films)

Meski terbentang lima tahun dari film pertamanya, Pengabdi Setan tetap tidak kehilangan perhatian para penggemar film horor Indonesia. Pengabdi Setan 2 berada di posisi kedua sebagai film horor terlaris tahun 2022 dengan jumlah penonton sebanyak 6.390.970*.

Setelah sukses dengan film pertamanya, Pengabdi Setan 2: Communion masih berfokus pada teror dalam keluarga Suwono. Pengabdi Setan 2: Communion pun memberikan pengalaman menonton film horor yang berbeda dan jauh lebih mencekam ketimbang film pertamanya. 

#1 KKN Di Desa Penari (9.233.847)

kkn di desa penari
KKN di Desa Penari. (MD Pictures)

KKN Di Desa Penari mendapat perolehan penonton sebanyak 9.233.847 yang menempatkannya berada di urutan pertama sebagai film horor terlaris tahun 2022. Meskipun sempat tertunda dua tahun akibat pandemi, KKN di Desa Penari akhirnya rilis pada 2022 ini.

Film KKN Di Desa Penari merupakan hasil adaptasi dari sebuah thread horor popular di Twitter. Total penonton tersebut tidak hanya menjadikan KKN di Desa Penari sebagai film terlaris per tahun 2022, melainkan juga film terlaris sepanjang masa yang pernah rilis di bioskop Indonesia.

Itulah tadi Top 5 Film Horor Indonesia terlaris tahun 2022 ini. Film mana yang jadi favorit kamu?

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators