3 Film Indonesia Bertema Isu Sosial, Salah Satunya tentang Kesehatan Mental

Beberapa film Indonesia bertema isu sosial

3 Film Indonesia Bertema Isu Sosial, Salah Satunya tentang Kesehatan Mental

Isu sosial tidak luput dari perhatian masyarakat, saat ini dunia perfilman Indonesia melakukan upaya untuk mencapai tujuannya menyampaikan isu tertentu lewat sebuah karya. Salah satu jalan yang dapat dilakukan untuk memulai tindakan dengan positif dan meningkatkan kesadaran akan hal itu adalah melalui film.

Berikut ini adalah 3 film Indonesia bertema isu sosial yang penuh makna.

Dear Nathan Thank You Salma (screenplayproductions.co.id)
Dear Nathan Thank You Salma (screenplayproductions.co.id)

Dalam serial Dear Nathan Thank You Salma ketiga bukan cuma menceritakan tentang hubungan asmara tapi juga terkait isu kesehatan mental dan perlindungan hak perempuan, Nathan yang mulai bergabung ke dunia aktivisme sosial dan Salma menggunakan kemampuan sastranya untuk menyuarakan apa yang terjadi.

Ketidakadilan dialami oleh temannya yang terkena pelecehan seksual, mereka semuanya berusaha untuk menaklukkan segala sesuatu yang mencoba menutup kasus tersebut. Film ini dapat memberikan pesan yang relate kepada generasi saat ini yang menggunakan media sosial.

2. Imperfect

Imperfect (klikstarvision.com)
Imperfect (klikstarvision.com)

Imperfect digarap oleh Ernest Prakasa dengan plot yang cukup menghibur dan membahas tentang kehidupan saat ini, yaitu merasa insecure. Film ini mengisahkan tentang Rara yang kerap mendapatkan body shaming hingga dalam lingkungan pekerjaannya, kepercayaan dirinya pun lama-lama menurun.

Akan tetapi, ia mendapatkan peluang untuk naik jabatan dan syaratnya harus mengubah seluruh penampilannya, syarat tersebut yang membuat dirinya berhasil menurunkan berat badan walaupun ada masalah lainnya yang diperoleh mengenai hubungan antara teman atau pacar.

3. Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah (mdentertainment.com)
Kukira Kau Rumah (mdentertainment.com)

Kukira Kau Rumah memperlihatkan fakta yang jujur yang dibuat menjadi suatu karya, film ini mengisahkan tentang persoalan kesehatan mental terhadap yang dialami di sekitar. Niskala yang mengidap penyakit bipolar berjumpa dengan Pram dan disebut menjadi orang yang membuat dirinya tenang.

Namun, masalah pun muncul lantaran terdapat perbedaan pendapat dari orang tua, teman, serta orang-orang yang tidak terlalu memedulikan tentang kondisi Niskala. Itulah 3 film Indonesia bertema isu sosial yang penuh makna, film-film tersebut dapat meningkatkan kesadaran terhadap isu sosial agar dapat menjalani hidup dengan lebih baik.