7 Film yang Dibintangi Yayu Unru, Mainkan Banyak Genre

Dunia perfilman Indonesia harus kehilangan aktor berbakat Yayu Unru. Dia meninggal dunia pada Jumat, 8 Desember 2023 di usianya yang ke-61 tahun.

7 Film yang Dibintangi Yayu Unru, Mainkan Banyak Genre

Daftar Isi

Bandung -

Dunia perfilman Indonesia harus kehilangan aktor berbakat Yayu Unru. Dia meninggal dunia pada Jumat, 8 Desember 2023 di usianya yang ke-61 tahun. Sebelum meninggal dunia, Yayu Unru diketahui mengalami serangan jantung sebanyak dua kali.

Sebagian orang mungkin tidak begitu mengenal aktor Yayu Unru. Padahal dia merupakan aktor senior kawakan yang berbakat dan sudah bermain di banyak film. Sosoknya pun sering muncul di film-film garapan sutradara terkenal.

Pemilik nama lengkap Andi Wahyuddin Unru merupakan ayah kandung dari aktor dan komedian Indonesia yakni Andi Bumi Fatih Unru. Yayu Unru sudah bermain di banyak film dengan berbagai genre. Berkat aktingnya itu, sudah banyak pula penghargaan yang diterimanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada banyak film yang pernah dibintangi Yayu Unru. Mau tahu daftarnya? Simak ulasannya di bawah ini:

Film yang Dibintangi Yayu Unru


1. Gara-gara Warisan

Foto: Instagram.com/yayuunruFoto: Istimewa

Gara-gara Warisan merupakan film yang dibintangi Yayu Unru yang bercerita tentang persaingan tiga saudara demi mendapatkan warisan sang ayah. Di film ini Yayu Unru berperan sebagai Dahlan. Dia memberikan sebuah tantangan kepada ketiga anaknya untuk melihat kemampuan mereka dalam mengelola guest house.

Konflik dimulai saat ketiga anak Dahlan yakni Adam, Laras, dan Dicky sebenarnya tidak memiliki hubungan harmonis dengan ayahnya itu. Tonton filmnya untuk tahu lebih lanjut ceritanya.

2. Love For Sale 2

Yayu Unru juga bermain di film Love For Sale 2 bersama Adipati Dolken (Ican) dan Della Dartyan (Arini). Di film ini. Yayu Unru berperan sebagai Daeng Ibrahim, tempat Ican menceritakan keluh kesahnya.

Film Love For Sale 2 berkisah tentang Ican (Adipati Dolken), seorang bujang lapuk yang tak kunjung menikah padahal usianya sudah menginjak 32 tahun. Ican akhirnya memutuskan menggunakan aplikasi pacar sewaan yakni Love Inc. dan dipertemukan dengan Arini (Della Dartyan).

Rupanya sosok seperti Arini lah yang diinginkan oleh orang tua Ican. Keduanya pun akhirnya menjadi dekat dan justru membuat Ican malah jatuh hati kepada Arini. Saksikan filmnya untuk mengetahui kelanjutan kisah mereka.

3. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Yayu Unru memang tidak memerankan tokoh sentral di film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak. Dia memerankan karakter Raja, yang merupakan bagian dari kawanan perampok yang tewas dibunuh Marlina (Marsha Timothy).

Film ini bercerita tentang perjuangan seorang wanita dalam menuntut keadilan untuk dirinya sendiri. Dikisahkan jika Marlina (Marsha Timothy) merupakan seorang janda yang tinggal sendiri di sebuah padang sabana di daerah Sumba. Dia kemudian didatangi perampok yang mengambil barang berharga miliknya dan bahkan merenggut kehormatannya. Marlina kemudian menghabisi bos perampok tersebut serta 7 orang rekannya.

4. Night Bus

Foto: Instagram.com/yayuunruFoto: Istimewa

Night Bus merupakan film yang dibintangi oleh Yayu Unru yang memiliki jalan cerita menarik. Film ini diadaptasi dari sebuah cerpen karya Teuku Rifnu Wikana yang berjudul Selamat.

Night Bus menceritakan tentang perjalanan sebuah bus menuju Kota Sampar, kota tempat terjadinya konflik bersenjata. Yayu Unru sendiri memerankan karakter Amang dan Teuku Rifnu Wikana memerankan tokoh Bagudung, seorang kondektur.

Ketika menuju Sampar, bus yang dinaiki melalui perjalanan yang begitu mencekam. Hal ini lantaran terjadi konflik antara pasukan pemerintah dan pemberontak yang ingin memerdekakan daerahnya. Terlebih lagi adanya penyusup yang masuk ke dalam bus. Kisah selanjutnya bisa kamu saksikan dengan menonton filmnya ya!

5. Posesif

Posesif merupakan film yang menceritakan tentang toxic relationship antara Lala (Putri Marino) dan Yudhis (Adipati Dolken). Keduanya merupakan teman satu sekolah dan menjadi dekat. Yayu Unru sendiri berperan sebagai ayah Lala.

Dia merasa sejak putrinya berhubungan dengan Yudhis terlihat ada yang berbeda. Hal ini disebabkan karena Yudhis begitu posesif kepada Lala, sampai menolak semua panggilan telepon yang masuk. Bahkan ia tak segan untuk mencelakakan siapapun yang mendekati Lala.

6. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam merupakan film adaptasi dari rilisan lawasnya pada tahun 1981 silam dengan judul yang sama. Yayu Unru berperan sebagai Pak Bandi, pengasuh di panti asuhan.

Pada film ini diceritakan jika Hanif (Ario Bayu) merupakan anak yang dibesarkan di panti tersebut. Dia dan teman-temannya sesama alumni panti lalu datang untuk menjenguk pengasuhnya di panti. Tapi siapa yang sangka kalau kedatangannya justru malah membawanya mengalami peristiwa yang mengerikan.

Rupanya hal tersebut dialami Hanif karena dia pernah melakukan sesuatu di masa lalu yang menyebabkan peristiwa tersebut dialaminya bersama teman-temannya.

7. Tabula Rasa

Foto: Instagram.com/yayuunruFoto: Istimewa

Tabula Rasa merupakan film yang menceritakan tentang mimpi seorang anak Papua bernama Hans (Jimmy Kobogau) yang ingin menjadi pemain sepak bola terkenal. Hans berkesempatan untuk pergi ke Jakarta, menjemput mimpinya agar jadi kenyataan.

Hanya saja, dia malah bertemu dengan Mak (Ade Irawan) pemilik rumah makan Padang yang justru mengubah arah hidupnya. Mak lalu mengajak Hans bergabung untuk bekerja di rumah makannya miliknya. Di film ini Yayu Unru berperan sebagai Parmanto, sang juru masak.

Konflik pun terjadi karena ada rumah makan baru yang lebih besar dan modern yang berada persis di depan rumah makan milik Mak. Saksikan perjuangan mereka dengan menonton filmnya ya, detikers.

Nah, itu lah beberapa film yang dibintangi Yayu Unru. Ke-7 film tersebut menawarkan cerita dan genre yang berbeda. Sudahkah kamu menonton salah satunya? Film mana yang jadi favoritmu?

Simak Video "Yayu Unru Dikenang Sang Anak Sebagai Sosok Guru di Kehidupannya"
[Gambas:Video 20detik]
(tya/tey)