Mengenal Metkayina, Klan Laut Na'vi di Avatar: The Way of Water

Mengenal Metkayina, klan laut Na'vi di Avatar: The Way of Water yang sangat jelas memiliki beberapa perbedaan dengan klan Omaticaya.

Mengenal Metkayina, Klan Laut Na'vi di Avatar: The Way of Water
Jakarta, CNN Indonesia --

Omaticaya tak lagi jadi satu-satunya klan Navi yang ditampilkan dalam Avatar: The Way of Water. Berbeda dari film pertamanya, sutradara James Cameron kini juga menampilkan klan Metkayina di layar lebar.

Hal tersebut sejalan dengan samudra Pandora yang kini jadi latar cerita sekuel Avatar. Kondisi itu pula yang menjadi pembeda antara Omaticaya dan Metkayina.

Apabila Omaticaya dikenal sebagai 'klan hutan', Metkayina dikenal sebagai 'klan laut'. Metkayina tinggal di desa Awa'atlu yang rumah atau marui dibangun di sela-sela akar pohon laut.

Perbedaan Metkayina dan Omaticaya juga jelas terlihat dari fisik kedua klan tersebut. Secara biologis, Metkayina tampak berbeda dari Omaticaya, kulit mereka tampak lebih hijau daripada biru pekat.

Selain itu, klan Metkayina juga memiliki postur tubuh yang lebih besar. Mata mereka juga lebih besar dan berwarna biru, bukan kuning seperti Omaticaya.

Lengan dan kaki mereka telah melebar di bagian bawah hingga memiliki struktur seperti sirip, dan ekornya melebar membentuk bentuk dayung dan tidak memiliki seberkas rambut di ujungnya.

Klan Metkayina dipimpin Ronal (Kate Winslet) dan Tonowari (Cliff Curtis). Jika Omaticaya memiliki Mo'at, ibu Neytiri, sebagai tsahik (pemimpin spiritual), Metkayina memiliki Ronal.

klan Metkayina (kiri) dan klan Omaticaya (kanan) dalam Avatar 2: The Way of Water (2022).Perbedaan biologis klan Metkayina (kiri) dan klan Omaticaya (kanan) dalam Avatar 2: The Way of Water. (20th Century Studios via IMDb)
Lo'ak (Britain Dalton) dan tulkun Payakan dalam Avatar 2: The Way of Water.Lo'ak (Britain Dalton) dan tulkun, Payakan, dalam Avatar 2: The Way of Water. (20th Century Studios via IMDb)

Lewat kemunculan Metkayina di Avatar: The Way of Water, James Cameron juga menampilkan beberapa makhluk baru, salah satunya adalah tulkun.

Klan Metkayina memiliki hubungan dekat dengan tulkun, makhluk Pandora yang berakal dan bisa berkomunikasi dengan mereka. Secara fisik, tulkun serupa dengan paus. Metkayina menganggap mereka sebagai spiritual brother atau spiritual sister.

Lanjut ke sebelah...

 

Mengenal Metkayina, Klan Laut Na'vi di Avatar: The Way of Water

BACA HALAMAN BERIKUTNYA