Yulia Evina Bhara, Momen Spesial

Yulia Evina Bhara merasa keikutsertaan Indonesia di Festival Film Cannes menjadi momen spesial.

Yulia Evina Bhara
ABDIEL BRAIN IMANKASIH

Yulia Evina Bhara

Produser Yulia Evina Bhara sedang sibuk persiapan untuk mengikuti rangkaian kegiatan di Festival Film Cannes 2023. Kali ini, Yulia akan membawa film Tiger Stripes yang akan berkompetisi pada sesi Semaine De La Critique Cannes Film Festival serta world premiere.

”Film yang saya produseri berjudul Tiger Stripes ini musiknya ditata oleh musisi Indonesia, Gabber Modus Operandi, dan diproduksi KawanKawan Media. Di Cannes saya akan menghadiri world premiere,” kata Yulia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Film Tiger Stripes adalah film pertama karya sutradara asal Malaysia, Amanda Nell Eu, dan merupakan koproduksi delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Jerman, Qatar, Perancis, Belanda, dan Taiwan. ”Kolaborasi dalam bentuk koproduksi memiliki banyak manfaat, bukan hanya dari segi finansial. Semakin sering kolaborasi, para seniman bekerja sama, maka hasil karya akan semakin kuat. Memungkinkan film dapat didistribusikan tidak hanya di negara asal, tetapi di seluruh negara koproduksi,” katanya.

Tahun ini, kata Yulia, keikutsertaan Indonesia di Festival Film Cannes menjadi spesial karena tidak hanya menayangkan film, tetapi juga ada proyek film yang sedang mencari pendanaan akan dipresentasikan. Delegasi mendapat pendukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ”Representasi ini adalah sinyal makin menguatnya industri film kita dan dukungan dari pemerintah. Hendaknya bisa dipertahankan terus secara reguler,” kata Yulia.