Wajib Ditonton, Ini 9 Film Bertema Girl Power dan Punya Kisah Inspiratif Halaman all

Penonton diharapkan dapat memiliki pemahaman baru terkait kesetaraan hak perempuan dan laki-laki. Halaman all

Wajib Ditonton, Ini 9 Film Bertema Girl Power dan Punya Kisah Inspiratif Halaman all
image

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, menonton film kerap dijadikan sebagai aktivitas hiburan untuk mengisi waktu luang. Padahal, dengan menonton film, masyarakat dapat mendapatkan insight atau wawasan baru.

Hal tersebut seperti ucapan sutradara kawakan asal Amerika Serikat (AS), Martin Scorsese, “Movies touch our heart and awaken our vision, and change the way we see things.”

Oleh karena itu, film digunakan sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan banyak hal, termasuk isu kesetaraan gender yang menjadi salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Melalui film, penonton diharapkan dapat memiliki pemahaman baru terkait kesetaraan hak perempuan dan laki-laki dalam kehidupan masyarakat dengan memperlihatkan perjuangan tokoh perempuan atau girl power.

Lalu, film apa saja yang hadir dengan tema girl power? Berikut adalah 9 rekomendasinya.

1. Sri Asih (2022)

Sri Asih adalah film bertema “superhero” dari jagat Sinema Bumilangit yang rilis pada 2022. Film ini disutradarai oleh Upi dan diangkat dari seri buku komik klasik Indonesia dengan judul sama karya RA Kosasih.

Film tersebut mengisahkan tentang perempuan bernama Alana (diperankan Pevita Pearce) yang merupakan seorang pegulat profesional.

Ia yang dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh dan kuat malah bermasalah dengan hal tersebut karena memiliki rasa takut dan kemarahan yang begitu besar dalam dirinya.

Selain ingin menaklukkan kelemahan itu, Sri Asih juga bercerita tentang petualangan Alana dalam menemukan asal-usulnya.

Di tengah pencariannya tersebut, Alana dihadapkan pada pilihan yang cukup berpengaruh pada kehidupannya, yakni berpihak pada kebaikan atau kejahatan.