UKM MM Kine Klub UMY Gelar Kineidoscope, Memfestivalkan Festival Film

Kineidoscope ini nantinya dihelat pada 13-16 November 2023 di IFI-LIP Yogyakarta.

UKM MM Kine Klub UMY Gelar Kineidoscope, Memfestivalkan Festival Film
image
Jogja -

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MM Kine Klub Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menggelar Kineidoscope pada 13-16 November 2023 di IFI-LIP Yogyakarta. Mereka bertujuan 'memfestivalkan' festival film se-Indonesia.

Direktur Kineidoscope, Mohammad Ziddan Fachrirobi menjelaskan program tersebut merupakan program tahunan yang sudah berlangsung sejak 2014.

"Kineidoscope itu program kerja tahunan MM Kine Klub UMY. Kerja tahunan kita itu ada apresiasi film tahunan sudah berlangsung dari tahun 2014," kata Ziddan saat ditemui detikJogja di Sekretariat AJI Yogyakarta, Kamis (9/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di tahun ini, kata Ziddan, Kineidoscope mencoba untuk memfestivalkan festival film yang ada di Indonesia.

"Jadi kami menghubungi programmer atau direktur festival dan di tahun ini sampai saat ini ada 19 festival (film) se-Indonesia (yang akan diangkat dalam program tersebut)," paparnya.

Kineidoscope itu, kata Ziddan, akan berlangsung pada 13-16 November 2023 di IFI-LIP Yogyakarta. Bentuknya dengan konsep memfestivalkan festival film itu, jelas Ziddan, berlangsung sejak 2022.

"Untuk program memfestivalkan festival film ini sudah dua tahun dari 2022 selama 4 hari dari 20-24 November," katanya.

Di tahun sebelumnya, kata Ziddan, ada 3.200 penonton yang hadir. "Ada 3.200 penonton yang hadir. 1.879 penonton umum, 593 dari mahasiswa, 50 dari pelajar, 678 dari per orang komunitas," paparnya.

Tagline utama pada program tersebut, kata Ziddan, ialah 'Jelajah Budaya Melalui Festival Film'.

"Pertama tagline utama jelajah budaya melalui festival film. Gara-gara kita melihat Jogja ini sebagai miniatur perantau, para perantau bisa melihat festivalnya, ini menjadi program utama," ungkapnya.

Untuk total film yang akan diputar nantinya, Ziddan menyebutkan, ada 80 film yang terkumpul hingga hari ini dan ditutup pengirimannya besok.

"Hingga saat ini ada 80 film, bisa nambah sekitar 5-10 film. Mereka langsung ngirim setelah dihubungi," tuturnya.

Program tersebut, jelas Ziddan, terbuka untuk umum. Semua orang, lanjut Ziddan, bisa menonton film di Kineidoscope asal melakukan registrasi.

"Acara bersifat gratis dan terbuka untuk umum berlangsung dari jam 10 pagi sampai setengah 9 malam. Untuk registrasi kami kerja sama dengan platform Yesplis. Jadi, di website itu tercantum sesi ini dari festival mana. Dateng dan tunjukkan hasil registrasi. Untuk registrasi ada di bio Instagram @kineidoscope," jelasnya.

Per harinya, ungkap Ziddan, terdapat 4-5 sesi dan per sesi berdurasi 120 menit. "Kapasitas seat-nya itu 180 bangku itu per sesi. Ada 4-5 sesi per hari. Per sesi itu ada 120 menit," paparnya.

Simak Video "UMY Fasilitasi Pemulangan Jenazah Redho Korban Mutilasi ke Pangkalpinang"
[Gambas:Video 20detik]
(apu/rih)