Suzume, Film Baru Makoto Shinkai Tayang Mulai 8 Maret di Bioskop

Film terbaru Makoto Shinkai, Suzume no Tojimari atau Suzume, bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 8 Maret.

Suzume, Film Baru Makoto Shinkai Tayang Mulai 8 Maret di Bioskop
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzume, film animasi terbaru Makoto Shinkai, akan tayang awal Maret 2023 di bioskop Indonesia. Detail jadwal penayangan Suzume diumumkan Encore Film Indonesia di media sosial sambil mengunggah trailer animasi itu.

"080323... akhirnya kunci sandi pembuka pintu ditemukan!" tulis Encore Film Indonesia, Kamis (16/2) malam.

"Apa kau siap bergabung dalam perjalanan dengan Suzume? Sampai jumpa 8 Maret di bioskop."

Oleh sebab itu, pengumuman tersebut menandakan Suzume akan tayang di Indonesia sekitar tiga bulan setelah film tersebut rilis di Jepang 11 November 2022.

Berdasarkan data Box Office Mojo yang diakses pada Jumat (17/2), film animasi Jepang tersebut telah mengumpulkan US$103,5 juta dari box office lokal.

Selain tayang di bioskop Jepang, Berlinale juga masuk jajaran kompetisi untuk Berlin International Film Festival (Berlinale) 2023.

Hal itu membuatnya jadi film anime pertama Jepang yang ikut kompetisi itu dalam 21 tahun terakhir, sejak Spirited Away karya Hayao Miyazaki menang piala Golden Bear pada 2002.

Dalam keterangan tertulis resmi Suzume, sutradara Makoto Shinkai bersama Nanoka Hara dan produser Genki Kawamura akan menghadiri langsung Berlinale 2023.

Pemenang akan diumumkan pada 26 Februari, hari terakhir Berlinale ke-73. Sementara itu, Berlinale 2023 sejatinya berlangsung sejak 16 Februari.

[Gambas:Video CNN]

Suzume no Tojimari atau Suzume mengisahkan Suzume, remaja 17 tahun yang memulai perjalanannya di Kyushu usai bertemu pria muda yang sedang mencari pintu.

Suzume kemudian menemukan satu pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan, seolah terlindung dari bencana apa pun yang terjadi dan menghancurkan sekelilingnya.

Suzume terpesona dengan pintu tersebut, dan seperti tertarik ke arahnya, hingga meraih kenop pintu tersebut.

Pintu mulai terbuka satu per satu di seluruh Jepang dan menyebabkan kehancuran bagi siapa pun yang berada di dekatnya. Hal tersebut membuat Suzume harus menutup portal tersebut untuk mencegah bencana.

Suzume menjadi film terbaru Makoto Shinkai hampir tiga tahun terakhir, usai merilis Weathering with You (Tenki no Ko) pada 2019. Shinkai kembali menyutradarai dan menulis film animasi tersebut.

Hokuto Matsumura dan Nanoka Hara dipercaya untuk memerankan dua karakter utama film anime terbaru Makoto Shinkai. Dalam film tersebut, Matsumura berperan sebagai Souta Munakata, dan Hara mengisi suara karakter Suzume Iwato.

Para pemeran yang turut membintangi film anime tersebut adalah Eri Fukatsu, Shota Sometani, Kana Hanazawa, Sairi Ito, Kotone Hanase, dan Matsumoto Koshiro IX.

Fan dalam waktu dekat dapat menyaksikan petualangan magis itu. Suzume tayang 8 Maret di bioskop Indonesia.

[Gambas:Instagram]

(chri)