Sutradara Film, Yuda Julian Beranikan Diri Angkat tema Fenomena Sosial di Jakarta

Yuda Julian memutuskan untuk terjun ke dunia film Tanah Air. Ia terjun menyutradarai film dengan tema fenomena sosial di Jakarta mengenai waria.

Sutradara Film, Yuda Julian Beranikan Diri Angkat tema Fenomena Sosial di  Jakarta
Jakarta, Insertlive -

Fotographer Yuda Juliana atau biasa dikenal dengan nama Yuda Julian kembali membuat gebrakan baru di industri kreatif Tanah Air. Tak puas mengabadikan gambar lewat lensa kameranya, kini Yuda Julian melebarkan sayapnya untuk merintis industri film.

Yuda Julian memberanikan dirinya untuk membuat sebuah film pendek bertajuk Melody di Pinggir Jalan. Bukan sebagai pemain, Yuda Julian justru terjun langsung untuk menyutradarai film ini.

Film Melody di Pinggir Jalan menceritakan tentang fenomena sosial di ibukota yang masih dipandang sebelah mata dari salah satu kaum marjinal yaitu waria. Dalam film ini kita dapat terlihat latar belakang dan motivasi kenapa mereka memilih menjadi waria sebagai profesi untuk melanjutkan hidup di kerasnya kota Jakarta.

ADVERTISEMENT


Film ini bergenre komedi yang dibumbui dengan drama yang mampu menguras air mata setiap orang yang menontonnya.

film pendek yang berdurasi 35 menit ini mengisahkan Melody ( diperankan oleh Helmy Syah) seorang waria yang rela menjadi waria demi menghidupi anaknya yang sedang sakit di kampung halaman. Sedangkan sahabatnya, Ling Ling (di perankan oleh Rikhie Devghan) selalu menemani melody menjalani kehidupan keras ibukota. Mereka pun tak luput dari hinaan serta diskriminasi yang sudah menjadi makanan sehari hari.

Hingga suatu hari Melody mendapatkan berita buruk mengenai anaknya yang membuat dirinya hancur dan memutuskan untuk mengakhiri pekerjaan sebagai seorang waria.

Yuda JulianYuda Julian/ Foto: Istimewa

Film ini juga diperankan oleh beberapa artis ternama seperti Lucky Hakim, Vicky Shu, Papham, Mike Ethan dan Imelda Soraya yang pastinya akan membuat film ini terasa hidup dan mampu memberikan tawa segar bagi penonton.

Film pendek ini ditayangkan di YouTube channel Mata Swara Production. Dalam beberapa hari setelah penayangan perdananya, film mampu menembus puluhan ribu penonton di YouTube. Tak hanya itu, potongan film ini juga viral di TikTok yang ditonton hingga ratusan ribu penonton.

Film ini disutradarai oleh akrab disapa Yuda Julian yang selama ini dikenal sebagai fotographer artis-artis ternama Indonesia. Yuda Julian mengatakan proses pembuatan film pendek ini membutuhkan waktu 3 hari.

"Proses syuting film ini memakan waktu selama tiga hari. Ya namanya juga kan film pendek ya, jadi nggak terlalu memakan waktu lah untuk proses syuting," ucap Julian.

Melody di Pinggir Jalan merupakan debut pertama Yuda Juian sebagai sutradara. Yuda Julian mengaku dirinya memang memiliki mimpi untuk dapat menyutradarai sebuah film sejak masih duduk di bangku SD. Berkat kepiawaiannya dalam menyutradarai berbagai video clip, video campaign serta photography ,Yuda Julian memberanikan diri untuk mengepakkan sayap ke dunia perfilman.

"Iya ini film pertama aku. Aku emang dari dulu ya, dari SD emang udah pengen banget bisa sutradarai sebuah film," aku Yuda Julian.

(kpr/kpr)

Tonton juga video berikut: