Sinopsis Sayap-Sayap Patah, Film tentang Kerusuhan di Mako Brimob

Berikut sinopsis Sayap-Sayap Patah yang disutradarai oleh Rudy Soedjarwo dan dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum.

Sinopsis Sayap-Sayap Patah, Film tentang Kerusuhan di Mako Brimob
Jakarta, CNN Indonesia --

Sayap-Sayap Patah adalah film Indonesia yang diangkat dari peristiwa nyata, yaitu insiden kerusuhan tahanan di Lapas Markas Komando Korps Brigade Mobil (Mako Brimob) Kelapa Dua, Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada 8-10 Mei 2018.

Berikut sinopsis Sayap-Sayap Patah yang disutradarai oleh Rudy Soedjarwo dan dibintangi oleh aktor Nicholas Saputra, Iwa K. serta aktris Ariel Tatum sebagai pemeran utamanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sayap-Sayap Patah merupakan film dari rumah produksi Denny Siregar Production dan Maxima Pictures. Film ini juga melibatkan Monty Tiwa, Erik Tiwa, dan Alim Sudio sebagai penulis naskahnya.

Film yang mengangkat insiden kerusuhan tahanan di Mako Brimob ini juga mengambil kisah perpisahan Ipda Sudarmaji alias Aji dengan istrinya, Nani Sudarmaji. Hal ini karena Aji menjadi salah satu polisi yang tewas akibat insiden tersebut.

Dengan begitu, Sayap-Sayap Patah tak hanya memberikan gambaran kerusuhan terjadi di Mako Brimob dari sisi aksi saja, tetapi juga drama romantis dalam kisah Aji dan Nani yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum.

Sayap-Sayap Patah sendiri tayang di bioskop Indonesia pada 18 Agustus 2022. Pada penayangan hari ke-11, film ini tembus 1 juta penonton.

Sinopsis Sayap-Sayap Patah

Sayap-Sayap PatahIlustrasi. Sinopsis Sayap-Sayap Patah, film tentang kerusuhan di Mako Brimob (Maxima Pictures via Imdb)

Awalnya, film ini menggambarkan keharmonisan rumah tangga antara Ipda Sudarmaji (Nicholas Saputra) dengan istrinya, Nani Sudarmaji (Ariel Tatum). Keduanya merupakan pasangan muda.

Mereka merupakan sepasang suami istri yang hidup bahagia. Bahkan, kebahagiaan itu semakin bertambah karena Nani hamil anak pertama.

Aji pun sangat senang dan menanti kehadiran buah hati itu. Mereka juga mulai menyiapkan berbagai rencana untuk kelahiran dan masa depan sang buah hati.

Namun, Aji yang bekerja sebagai polisi tak bisa selalu menemani Nani, termasuk ketika kandungan Nani semakin membesar. Hal ini karena Aji harus tetap siaga dalam bertugas.

Suatu ketika, Aji yang tergabung dalam tim Densus 88 ditugaskan untuk melakukan penangkapan sekelompok teroris di markas mereka. Misi itu berhasil. Bahkan, Aji dan kawan-kawan dapat meringkus para anggota kelompok teroris, termasuk Leong (Iwa K.) yang merupakan pimpinan kelompok itu.

Leong pun dijebloskan ke penjara Mako Brimob. Namun, ia menyusun rencana untuk membuat kerusuhan dalam lapas bersama dengan tahanan lain.

Kerusuhan itu membuat Aji dan kawan-kawan harus turun tangan. Namun rupanya hal itu merupakan jebakan yang dijalankan Leong dan kawanannya.

Leong kemudian berhasil merampas pistol petugas dan memberi ancaman. Bahkan mereka berhasil menyandera sejumlah petugas, termasuk Aji yang kemudian tewas di tangan mereka sebelum akhirnya para tahanan berhasil diringkus oleh para petugas lain yang diterjunkan untuk mengamankan kerusuhan tersebut.

Aji menjadi salah satu dari lima petugas yang tewas akibat insiden kerusuhan itu. Kepergian Aji memberi duka mendalam bagi Nani yang baru saja melahirkan anak pertamanya dari Aji.

Pemeran Sayap-Sayap Patah

Berikut pemeran Sayap-Sayap Patah.

1. Nicholas Saputra

Nicholas Saputra berperan sebagai Ipda Sudarmaji yang merupakan salah satu petugas yang tewas akibat insiden kerusuhan di Mako Brimob.

Ia merupakan anggota Densus 88 yang sebelumnya berhasil meringkus kelompok teroris yang dipimpin Leong.

2. Ariel Tatum

Ariel Tatum berperan sebagai Nani Sudarmaji, istri Aji. Nani tengah mengandung buah hatinya bersama Aji,tetapi ia harus menghadapi kenyataan pahit di kemudian hari karena kepergian Aji.

3. Iwa K.

Iwa K. berperan sebagai Leong, pemimpin kelompok teroris yang selanjutnya sengaja membuat kerusuhan di dalam lapas.

4. Nugie

Nugie berperan sebagai AKP Sadikin yang merupakan atasan Aji yang memimpin misi penangkapan kelompok teroris.

5. Ariyo Wahab

Ariyo Wahab berperan sebagai Ruslan yang merupakan rekan Aji. Ruslan juga menjadi salah satu petugas yang turun tangan saat kerusuhan terjadi, tapi berhasil selamat.

6. Poppy Sovia

Poppy Sovia berperan sebagai Iptu Gendis yang merupakan atasan Aji.

7. Edward Akbar

Edward Akbar berperan sebagai Murod yang merupakan salah satu bagian dari kelompok teroris.

8. Aden Bajaj

Aden Bajaj berperan sebagai Rosyid yang merupakan salah satu bagian dari kelompok teroris.

9. Khiva Iskak

Khiva Iskak berperan sebagai Aiptu Aryo yang merupakan rekan Aji dalam tim.

10. Gibran Marten

Gibran Marten berperan sebagai Aipda Kuntadi yang merupakan rekan Aji dalam tim.

Itulah sinopsis Sayap-Sayap Patah dan para pemerannya. Semoga bermanfaat dan selamat menonton!

(uli/juh)

[Gambas:Video CNN]