Sinopsis dan Karakter Film Animasi Inside Out

Inside Out adalah film animasi keluarga bergenre komedi. Karakter Inside Out menggambarkan lima emosi dasar manusia. Simak karakternya.

Sinopsis dan Karakter Film Animasi Inside Out
Jakarta, CNN Indonesia --

Inside Out adalah film animasi keluarga bergenre komedi produksi Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Picture.

Disutradarai oleh Pete Docter, film Inside Out tayang pada 2015 dan masih dapat disaksikan melalui layanan streaming Disney+ Hotstar. Simak sinopsis dan karakter Inside Out.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sinopsis Film Inside Out

Sinopsis film Inside Out menceritakan tentang seorang anak perempuan bernama Riley (Kaitlyn Dias) dan berbagai macam emosi dalam dirinya yang diwujudkan dalam bentuk karakter.

Emosi yang digambarkan dalam sosok lima karakter Inside Out ini adalah Joy (Amy Poehler), Sadness (Phylis Smith), Anger (Lewis Black), Disgust (Mindy Kaling), dan Fear (Bill Hader).

Diceritakan pada awalnya kehidupan Riley sangat ceria, bahagia, bahkan pandai bergaul. Namun sejak keluarganya memutuskan pindah ke San Fransisco kehidupan Riley pun seketika berubah.

Perubahan itu bukan sekadar dalam lingkungan keluarganya saja, melainkan kepribadian Riley yang ceria berubah jadi muram dan digambarkan tidak seindah sebelum pindah ke San Fransisco.

Semua perubahan sifat dan sikap Riley digambarkan melalui wujud kelima karakter emosi tersebut, yaitu Joy, Sadness, Anger, Disgust, dan Fear.

Kelima wujud karakter emosi ini diceritakan berada di sebuah headquarter yang isinya seperti perpustakaan memori jangka panjang Riley.

Di dalam headquarter terdapat Island of Personality Riley yang dibangun berdasarkan pengalaman dan memori-memori dari diri Riley.

Karakter Inside Out

Berikut karakter tokoh di dalam film Inside Out.

1. Riley

Riley adalah karakter utama dalam cerita film Inside Out. Awalnya, Riley adalah anak yang ceria dan memiliki banyak kenangan indah.

Namun, kenangan indah itu, satu demi satu hancur saat keluarganya pindah ke luar kota dan ayahnya sibuk dengan urusannya. Semua hal itu membuat Riley sedih dan frustrasi.

Alur cerita film ini berpusat pada gejolak emosi yang terdapat di dalam pikiran Riley yang mengalami masalah saat beranjak dewasa.

2. Mom

Mom atau ibu Riley adalah karakter yang penyabar dan penuh kasih sayang. Ia adalah orang yang selalu ingin membahagiakan Riley dan memberikan yang terbaik untuknya.

Hal tersebut membuat sang ibu kerap beradu pendapat dengan ayah Riley. Ibu Riley juga selalu mengutamakan kebersamaan keluarga.

Ibu Riley selalu ingin menciptakan suasana yang nyaman bagi Riley. Karakternya juga sangat penting dalam cerita.

3. Dad

Dad atau ayah adalah karakter yang paling disayangi oleh Riley. Namun pemikiran sang ayah sebagai orang dewasa belum bisa dipahami oleh Riley.

Terlepas dari hal itu, sang ayah menyayangi Riley dan sebagai ayah ia ingin memberikan yang terbaik bagi putrinya.

4. Bing Bong

Bing Bong adalah teman imajinasi yang diciptakan oleh Riley saat ia masih kecil. Bing Bong memiliki sifat yang periang dan sembrono dalam mengambil keputusan.

Salah satu contohnya saat Bing Bong menuntun Joy dan Sadness dalam perjalanan pulang yang malah membuat mereka dalam bahaya.

Akan tetapi, Bing Bong menampilkan aksi yang heroik di akhir cerita dengan mengorbankan dirinya.

5. Dream Director

Sesuai namanya, Dream Director adalah karakter yang berperan penting dalam mengatur mimpi yang muncul dalam tidur Riley.

Ia adalah karakter yang galak dan otoriter. Ia berusaha menciptakan mimpi yang menarik tergantung dari pengalaman yang telah dilalui oleh Riley.

5 Karakter Emosi Inside Out

Inside Out, film keluaran Pixar dan Disney yang mengisahkan lima karakter emosi dalam manusiaLima karakter emosi dalam manusia dalam film animasi Inside Out (Dok. Disney Pictures)

Berikut lima karakter perasaan atau emosi di film Inside Out.

1. Sadness 

Sadness adalah karakter yang membuat Riley selalu mengingat masa-masa sedihnya. Namun sayangnya karakter lain tidak ada yang mengerti dengan kondisi Sadness.

Karakter lain selalu meminta Sadness untuk tidak menyebarkan aura kesedihan dalam pikiran Riley yang berujung membuatnya sedih.

Padahal, Sadness sendiri tidak ingin membuat Riley sedih. Ia justru sedang berupaya untuk menghilangkan pikiran sedih dari Riley yang selalu ingin kembali ke tempat tinggal sebelumnya.

2. Joy 

Joy adalah karakter yang berperan membuat Riley tersenyum bahagia, Joy juga memiliki sikap yang optimis.

Joy merupakan karakter pemimpin yang hampir bisa menangani setiap kali ada situasi buruk yang melanda Riley.

Bagi joy, ketika ada kesedihan atau hal-hal yang membuat Riley terpuruk, itu menjadi tantangan tersendiri untuk meyakinkan Riley bahwa akan sesuatu menyenangkan setelah kesedihan.

3. Anger 

Anger adalah karakter yang berwujud kemarahan dalam diri Riley. Anger selalu berupaya mengambil alih sesuatu supaya sesuai dengan harapan Riley.

Satu waktu, Anger pernah memasukkan pikiran jahat pada Riley untuk mengambil uang ibunya agar ia bisa kembali ke tempat sebelumnya yang jauh dari San Fransisco.

Selain itu, Anger juga berperan mengatur emosi Riley ketika ia berhadapan dengan sesuatu yang tidak disukainya.

4. Fear

Fear adalah karakter sampingan dalam diri Riley. Tugas fear yaitu memberikan rasa takut dan cemas terhadap hal-hal yang berpotensi bahaya.

Di sisi lain, fear juga berperan untuk membuat Riley merasa tetap aman dan terlindungi. Fear sering kali tidak terkontrol ketika Riley ingin mencoba sesuatu, tetapi dirinya terlanjur ketakutan.

Namun sayangnya, Fear juga kerap menunjukkan rasa panik berlebihan yang membuat karakter lain kesal kepadanya.

5. Disgust

Sama dengan Fear, karakter Inside Out Disgust ini termasuk sampingan karena mengendalikan selera dari Riley. Peran utama Disgust ini memastikan supaya Riley mau bersikap hati-hati baik secara fisik atau kehidupan sosial.

Salah satu tugas yang dikerjakannya yaitu memastikan sayur brokoli jauh dari Riley karena ia tidak menyukainya.

Demikian karakter Inside Out, film animasi keluarga tentang emosi anak. Selamat menonton!

(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]