SIMAK! 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Tidur, Salah Satunya Mempengaruhi Kesehatan Jantung - Pikiran-Rakyat.com

BREAKINGNEWS : Tidur merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Faktanya, kita membutuhkan tidur untuk bertahan hidup.

SIMAK! 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Tidur, Salah Satunya Mempengaruhi Kesehatan Jantung - Pikiran-Rakyat.com
image

PIKIRAN RAKYAT – Tidur merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Faktanya, kita membutuhkan tidur untuk bertahan hidup, sama seperti kita membutuhkan makanan dan air.

Jadi, tidak heran jika kita menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup kita untuk tidur. Banyak proses biologis yang terjadi selama tidur.

Contohnya, otak menyimpan informasi baru dan membuang limbah beracun. Sel-sel saraf berkomunikasi dan mengatur ulang, yang mendukung fungsi otak yang sehat.

Baca Juga: Kanguru Liar Bunuh Pria 77 Tahun di Australia, Diduga Dipelihara Tanpa Izin

Tubuh memperbaiki sel, memulihkan energi, dan melepaskan molekul seperti hormon dan protein. Proses ini sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Tanpa tidur, tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan benar. Mari kita simak mengapa kita perlu tidur, dan apa yang terjadi jika kita tidak cukup tidur.

1. Konservasi energi

Kita perlu tidur untuk menghemat energi. Tidur memungkinkan kita untuk mengurangi kebutuhan kalori dengan menghabiskan sebagian waktu kita yang berfungsi pada metabolisme yang lebih rendah.

Baca Juga: Info Konser NCT Dream, Tur Perdana Sebagai 7Dream Hampiri Jepang pada November 2022

Penelitian menunjukkan bahwa 8 jam tidur bagi manusia dapat menghasilkan penghematan energi harian sebesar 35 persen daripada terjaga sepenuhnya.