Manfaat Berkebun di Rumah: Naikkan Kesehatan Fisik Maupun Mental

BREAKINGNEWS : Berkebun adalah aktivitas mulai dari orang tua hingga anak-anak. Tidak sekedar menanam, berkebun memberikan berbagai manfaat seperti meredakan stres.

Manfaat Berkebun di Rumah: Naikkan Kesehatan Fisik Maupun Mental
image

TEMPO.CO, Jakarta -Sebuah penelitian menemukan minat berkebun meningkat selama pandemi COVID-19. Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan beralih ke kebun memberikan banyak manfaat, seperti mengurangi kepenatan dan memberikan persediaan makanan. 

Melansir dari verywellfamily, kegiatan ini mudah dibagikan dan menuai banyak manfaat dengan tumbuhnya sayuran segar, bunga berwarna-warni, dan rempah-rempah aromatik. Apalagi saat orang tua dan anak-anak bekerja sama untuk merawat tanaman, mereka semua dapat menikmati fasilitas dari berkebun. 

Latihan Olahraga Tingkat Sedang 

Menjadi latihan intensitas sedang, yang dibutuhkan setiap hari. Anak-anak usia 3 hingga 5 tahun perlu mendapatkan 3 jam aktivitas fisik setiap hari. Meskipun merawat taman keluarga tidak memerlukan aktivitas berat, namun berkebun membuat anda keluar dan bergerak.

Begitu berada di halaman atau petak kebun, si kecil mulai terlibat dalam permainan yang lebih aktif daripada tidak berkebun. Paparan udara segar dan sinar matahari menjadi kombinasi pereda stres yang tepat, melakukan tugas yang ringan, berulang, dan kontak dengan bakteri tidak berbahaya di tanah membantu melepaskan serotonin di otak.

Mengurangi stres, aktivitas fisik ini dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini sekaligus meningkatkan perilaku, kesehatan, prestasi di sekolah, dan kesejahteraan anak. 

Anak-anak yang menanam sayuran cenderung makan lebih banyak sayuran, setidaknya mereka bersedia mencicipi sayuran asing ke dalam makanan mereka. Orang dewasa yang berkebun juga mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran daripada yang tidak berkebun. 

Merencanakan, menabur, dan merawat taman keluarga menawarkan tujuan bersama yang memperkuat ikatan keluarga. Berkebun membantu mengajari anak-anak tanggung jawab dan memberi mereka rasa pencapaian.

Selain itu, lebih dari 30% orang yang berkebun secara teratur lebih sedikit terkena serangan jantung, menurut situs gardenparadiseseed. Berkebun telah dikaitkan dengan Body Mass Index (BMI) lebih rendah, yang dapat membantu mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit kronis. 

Dengan berkebun, maka akan mendapatkan paparan sinar matahari memberi anda vitamin D yang sehat. Itu meningkatkan sistem kekebalan dan membantu memperkuat tulang. Vitamin D  juga menurunkan risiko kanker usus besar dan penyakit jantung. 

BALQIS PRIMASARI
Baca juga : Kiat Berkebun di Rumah untuk Wujudkan Gaya Hidup Sehat

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung.