Pemerintah Jakarta Selatan Berupaya Meningkatkan Kesehatan para Pekerja Perempuan - Pikiran-Rakyat.com

BREAKINGNEWS : Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan sedang berupaya meningkatkan penyediaan ruang laktasi (sesuai dengan standar tempat kerja).

Pemerintah Jakarta Selatan Berupaya Meningkatkan Kesehatan para Pekerja Perempuan - Pikiran-Rakyat.com
image

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memberikan perhatiannya kepada para pekerja perempuan melalui Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP).

"GP2SP merupakan salah satu upaya pemerintah, masyarakat dan pemberi kerja untuk menggalang, meningkatkan kepedulian serta upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Yudi Dimyati, dikutip Pikiran-rakyat.com daru Antara.

Saat ini, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan sedang berupaya meningkatkan penyediaan ruang laktasi (sesuai dengan standar tempat kerja) dan pemeriksaan kesehatan reproduksi serta pemeriksaan kehamilan.

Baca Juga: Lirik Lagu Shinunoga E-Wa - Fujii Kaze Yang Viral di TikTok Lengkap dengan Terjemahannya

Upaya peningkatan kesehatan perempuan yang telah diprogramkan dalam GP2SP tersebut dilakukan guna mencegah anemia pada ibu hamil, keluarga berencana, gizi pekerja, penyediaan kantin sehat dan lain sebagainya.

Kegiatan tersebut juga menyangkut dengan rencana jangka panjang di bidang kesehatan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi, menurunkan angka stunting dan pencegahan penyakit baik yang menular maupun tidak menular.

"Di sini kita lihat 54 persen itu adalah pekerja perempuan dari seluruh jumlah pekerja, ini sudah melebihi jumlah pekerja laki-laki," ujarnya.

Baca Juga: Warga Protes Suara Berisik dari Bar-Bar di Canggu Bali, Bikin Petisi dan Surat Terbuka untuk Jokowi

Yudi Dimyati mengatakan bahwa program ini akan berlangsung baik secara daring maupun luring.

Sebanyak 15 Kepala Puskesmas dari 15 lokasi di Jakarta Selatan akan hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan secara daring dan memfokuskan pada penanganan stunting.