Rekomendasi Wisata di Kemer-Turki, Ada Jalur Trekking Terbaik Dunia hingga Api Abadi

Kemer, kota pesisir di kaki Pegununga Taurus. Kota ini punya jalur trekking terbaik di dunia hingga api abadi.

Rekomendasi Wisata di Kemer-Turki, Ada Jalur Trekking Terbaik Dunia hingga Api Abadi

INDOZONE - Provinsi Antalya di Turki memang bukan destinasi populer buat wisatawan Indonesia. Tapi bagi wisatawan Eropa, provinsi yang berlimpah cahaya matahari ini adalah surga healing. Kota-kota di Antalya terkenal dengan kecantikan alam dan sejarahnya.

Salah satu yang terpopuler adalah Kemer, kota pesisir di kaki Pegunungan Taurus. Dalam bahasa Turki, Kemer berarti “sabuk”. Dinamakan begitu karena kota ini dikeliling tembok sepanjang 23 km. Tembok dibangun setelah longsor melanda Kemer tahun 1910-an.

Kemer termasuk kota pariwisata penting di Turki. Berikut beberapa rekomendasi spot liburan yang “wajib” masuk dalam itinerary.

Alun-Alun Kota

image

Alun-alun Kota Kemer, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana Nurdin)

Cumhuriyet Meydani alias Republic Square, jadi lokasi ideal untuk mengawali liburan di Kemer. Alun-alun kota ini tertata cantik, dengan menara jam putih sebagai landmarknya. Taman dan air mancur di tengah alun-alun, jadi spot foto instagenic, karena berlatar belakang Pegunungan Olympos.

Deretan kafe, restoran, butik dan pertokoan, berderet di sekitar alun-alun. Ada juga beberapa toko oleh-oleh yang menjual suvenir dan ragam produk makanan khas Turki. Mulai dari lokum alias Turkish delight, baklava, kopi sampai buah dan minyak zaitun.

Ngarai Goynuk

image

Ngarai Goynuk di Kota Kemer, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Goynuk Kanyonu atau Ngarai Goynuk berada di area Taman Nasional Pantai Beydaglari. Keunikan ngarai terletak pada formasi bebatuan yang terbentuk akibat pelapukan dan erosi.

Ngarai Goynuk punya air terjun dan danau dengan air jernih berwarna hijau tosca. Ngarai ini terletak di Lycian Way, yang merupakan satu dari sepuluh jalur trekking jarak jauh terbaik di dunia!

Selain berkemah, wisatawan juga datang untuk berenang di danau, bermain kano, arung jeram, body rafting dan zipline.

Kota Kuno Phaselis

image

Kota Kuno, Phaselis, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana Nurdin)

Phaselis didirikan abad ke-7 SM, oleh Bangsa Rhodia dari Yunani. Di zaman kuno, Phaselis menyandang reputasi sebagai kota kaya, serta wilayah keuskupan Kristen. Sekarang Phaselis jadi salah satu situs arkeologi terkenal di Turki, yang dilengkapi museum.

Ada area piknik yang dikelilingi hutan pinus, pantai cantik dengan pasir halus berwarna keemasan, laut biru kehijauan dan ombak tenang. Phaselis juga populer sebagai spot snorkeling. Sebagian reruntuhan bangunan kuno yang terendam, menciptakan pemandangan bawah laut yang cantik.

Kota Kuno Olympos

image

Kota Kuno Olympos, Turki. (Z Creators/Elisa Oktaviana Nurdin)