Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

Trip panjang beberapa hari jelas membutuhkan pengemudi mobil yang sehat dan bugar. Sebaiknya ada 2 pengemudi sehingga bisa bergantian berkendara setiap 2-3

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

Pada awal Juni tahun ini, memasuki musim libur sekolah dan banyak hari kejepit nasional (harpitnas) yang dapat dimanfaatkan untuk pergi liburan dan cuti pekerjaan. Salah satunya dengan melakukan road trip menggunakan mobil Toyota kesayangan bersama keluarga, salah satunya ke kota Malang, yang banyak destinasi wisatanya.

“Mobil memberikan kemudahan kepada AutoFamily agar dapat pergi berwisata bersama keluarga di masa libur panjang. Sebelumnya, kondisi mobil perlu di pastikan supaya perjalanan liburan dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan, Bila ingin mudah, bawa saja ke bengkel Auto2000 terdekat untuk pengecekannya” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Rabu (31/5/2023).

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

Untuk lengkapnya hal-hal yang perlu diperhatikan adalah

1. Pelajari rute dan tentukan Durasi Perjalanan

Adanya peta digital membuat AutoFamily dapat mempelajari rute yang akan dilewati, seperti mengecek posisi rest area, exit tol paling dekat dengan tujuan, atau lokasi wisata menarik lainnya sepanjang jalan tol antara Jakarta dan Malang. Manfaatkan fitur yang dapat menghitung tarif tol yang akan dilewati dan fitur street view untuk mempelajari suatu lokasi agar tidak bingung.

2. Browsing Lokasi Wisata yang Viral

Katakan AutoFamily ingin berwisata ke Kota Malang, silakan browsing tempat wisata di sana yang sedang viral atau belum pernah dikunjungi. Diskusikan dengan keluarga sehingga tidak bingung atau sampai mengubah itenary. Karena biasanya ketika ada opsi lain, rencana bisa mendadak berubah.

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

3. Hunting Penginapan yang Sesuai Kebutuhan

Saat ini, banyak pilihan penginapan yang dapat dipakai sebagai tempat istirahat. Bahkan tersedia aplikasi ponsel untuk mencari penginapan yang sesuai budget serta memiliki fasilitas dan servis yang memuaskan.

4. Hitung Budget Perjalanan

Setelah terkumpul semua kebutuhan perjalanan, AutoFamily dapat menghitung biaya pengeluaran selama berlibur. Mulai dari penginapan, bensin, tol, parkir, makan, jajan, beli oleh-oleh, hingga pengeluaran tidak terduga, seperti risiko penumpang sakit atau mobil mengalami kerusakan.

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

5. Susun Itinerary yang Lengkap

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, silakan buat rencana perjalanan yang lengkap. Tujuannya untuk mempermudah AutoFamily dalam mengatur perjalanan dan memanfaatkan semua momen indah bersama keluarga. Sarannya, dalam pelaksanaan perjalanan bisa dirancang lebih fleksible, agar liburan menjadi lebih santai masih mungkin diubah, tetapi jangan sampai merombak total rencana awal.

6. Jaga Kondisi Pengemudi Mobil

Trip panjang beberapa hari jelas membutuhkan pengemudi mobil yang sehat dan bugar. Sebaiknya ada 2 pengemudi sehingga bisa bergantian berkendara setiap 2-3 jam perjalanan. Kalaupun sendirian, pastikan istirahat setiap 2-3 jam dan istirahat total setelah 10 jam perjalanan.

Berkendara Jarak Jauh, Perhatikan Hal Berikut Ini

7. Pastikan Mobil Dalam Kondisi Prima

Sebagai andalan berwisata jalur darat, pastikan mobil Toyota kesayangan dalam kondisi fit dan siap menempuh perjalanan jauh. Beberapa komponen penting yang wajib diperhatikan di antaranya adalah ban, mesin, cairan mobil khususnya oli mesin dan transmisi, air wiper, dan bagian mobil lainnya.