Nolan Beber Alasan Tak Ada Bom Hiroshima dan Nagasaki di Oppenheimer

Christopher Nolan blak-blakan soal alasan tak memasukkan adegan bom atom jatuh di Hiroshima dan Nagasaki dalam film Oppenheimer.

Nolan Beber Alasan Tak Ada Bom Hiroshima dan Nagasaki di Oppenheimer
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Christopher Nolan memutuskan tidak menampilkan peristiwa jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki dalam Perang Dunia II, meski berkaitan erat dengan cerita yang diangkat dalam film Oppenheimer.

Menurutnya, pertimbangan sudut pandang menjadi alasan tidak menyertakan serangan bom atom bersejarah tersebut. Film itu berfokus pada J. Robert Oppenheimer dan perjalanannya menciptakan bom atom.

"Kita tahu lebih banyak daripada yang dia [Oppenheimer] tahu pada saat itu," tutur Nolan seperti diberitakan indieWire pada Selasa (18/7).

"Dia mengetahui tentang pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di radio, sama seperti semua orang di seluruh dunia pada saat itu," lanjutnya.

Adegan pengeboman itu pun hanya ditampilkan sekilas dalam film tersebut, yakni ketika Oppenheimer (Cillian Murphy) mendengar berita bom atom di radio dan diikuti euforia tentara dan ilmuwan di Los Alamos, New Mexico.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya itu, Nolan juga menekankan keputusan itu diambil karena Oppenheimer bukan film dokumenter. Ia meyakini karya tersebut sebagai sebuah interpretasi atas seorang fisikawan teoretis semata.

Hal itu juga yang mendorong Nolan lebih banyak bermain dengan ekspresi wajah serta tatapan pemeran, terutama Cillian Murphy, seperti beberapa adegan ketika J. Robert Oppenheimer sering memejamkan mata.

"Ini bukan dokumenter. Ini adalah sebuah interpretasi. ini adalah pekerjaan saya, sehingga saya pikir ini menjadi sebuah pembuatan film dengan narasi dramatis," tutur Nolan.

"Ada juga motif berulang yang berhubungan dengan dia memejamkan mata. Bagi saya, ini benar-benar tentang tetap berada di kepalanya," lanjutnya.

Meski tidak menampilkan serangan bom atom Hiroshima dan Nagasaki, Nolan tetap menyuguhkan ledakan bom dalam Oppenheimer. Ledakan itu muncul dalam adegan uji coba bom atom perdana di Los Alamos yang diberi nama Trinity Test.

Oppenheimer merupakan film terbaru Christopher Nolan yang diadaptasi dari buku American Prometheus (2005) karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Film itu mengisahkan perjalanan J. Robert Oppenheimer, seorang fisikawan teoretis yang berperan penting dalam penciptaan bom atom ketika memimpin penelitian untuk Manhattan Project.

Cillian Murphy dipercaya sebagai pemeran utama dalam film tersebut, yakni sebagai Oppenheimer. Film itu juga dibintangi Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., hingga Florence Pugh.

Sejumlah aktor papan atas lain ikut meramaikan deretan pemeran Oppenheimer, seperti Josh Hartnett, Casey Affleck, Rami Malek, Kenneth Branagh, Benny Safdie, Tom Conti, hingga Jack Quaid.

Oppenheimer tayang di bioskop Indonesia sejak 19 Juli.

[Gambas:Youtube]

(frl/chri)