6 Rekomendasi Film Indonesia yang Berkesan Sepanjang Masa

Film Indonesia tak kalah menarik dari film luar negeri. Berikut ini rekomendasi film Indonesia tersebut.

6 Rekomendasi Film Indonesia yang Berkesan Sepanjang Masa

Film menjadi salah satu karya yang diminati masyarakat hingga kini. Oleh sebab itulah, daftar rekomendasi film Indonesia menarik untuk diketahui.

Film tidak hanya sebagai media hiburan, tetapi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat perihal tertentu. Bahkan film dianggap sebagai salah satu media edukasi yang efektif untuk masyarakat.

Film dari berbagai genre menyampaikan pesan moralnya masing-masing. Semakin lama, film Indonesia pun menyajikan kisah yang tak kalah unik ditonton.

Rekomendasi Film Indonesia yang Menarik

Rekomendasi Film Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia (IMDB)

Film Indonesia tidak kalah menarik dari film luar negeri. Berkaitan dengan hal tersebut, menarik melihat daftar rekomendasi film Indonesia sebagai berikut.

1. Ave Maryam

Film Ave Maryam menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia karena menyajikan kisah yang menarik. Film ini sempat menjadi kontroversi atas penayangannya. Film karya Joko Anwar ini mengangkat isu agama yakni hubungan biarawati dan pastor. Maryam diperankan oleh Maudy Koesnadi yang merupakan biarawati.

Maryam baru saja pindah ke panti jompo di Girisonta, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Kesehariannya membersihkan panti dan merawat para biarawati tua. Kehidupannya berubah ketika pastor muda yang bernama Yosef pindah ke panti itu. Yosef diperankan oleh Chicco Jerikho dan keduanya pun terlibat cinta terlarang.

Keduanya kerap diam-diam pergi keluar panti. Hubungannya pun terlalu jauh hingga keduanya bersetubuh dan melalaikan tugas-tugasnya di panti.

Advertisement

2. Dua Garis Biru

Rekomendasi film Indonesia yang kedua adalah Dua Garis Biru. Film ini menjadi fenomenal karena mengangkat kisah anak SMA yang melakukan hubungan di luar nikah kemudian hamil.

Keduanya pun harus mengharapi masalah yang tidak seharusnya dihadapi pada anak seusianya. Keduanya harus memikirkan pernikahan, kehidupan, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

Film ini menyampaikan banyak pesan moral agar remaja lebih memahami konsekuensi atas tindakannya. Tindakan tersebut khususnya adalah seks bebas dan pergaulan lainnya.

Atas kisah penuh dengan pesan moral ini, film tersebut memperoleh banyak penghargaan. Bahkan film ini masih diminati hingga sekarang.

Rekomendasi Film Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia (IMDB)

3. Marlina Si Pembunuh Empat Babak

Marlina Si Pembunuh Empat Babak ini juga menjadi rekomendasi karena kisahnya yang benar-benar menarik. Marlina diperankan oleh Marsha Timothy dan meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik karenanya.

Film ini mengisahkan Marlina yang tinggal di pedesaan gersang tanpa tetangga. Marlina harus bertahan dalam satu malam yang pahit dalam hidupnya.

Rumahnya tiba-tiba didatangi segerombol preman. Seluruh ternaknya diambil bahkan Ketua preman pun meniduri Marlina di depan jasad suaminya.

Namun, Marlina kemudian membunuhnya dengan memenggal kepala ketuanya. Marlina juga membawa kepalanya muntuk mencari keadilan dengan berkelana. Hingga sampai ke tempat tujuan, Marlina tetap tidak memperoleh keadilan yang diinginkannya. Marlina pun membunuh para preman itu satu per satu.

4. 27 Steps of May

Film terbaik asal Indonesia yang direkomendasikan berikutnya adalah 27 Steps of May yang dirilis pada 2019 dan diperankan oleh Raihaanun. Film ini mengisahkan seorang perempuan bernama May yang ceria dan penuh semangat. Namun hidupnya berubah setelah tragedi yang menimpanya di pasar malam.

May diperkosa secara beramai-ramai oleh orang yang tidak dikenalnya. May pun berubah dan menjadi tidak ingin berinteraksi dengan siapapun termasuk ayahnya yang diperankan oleh Lukman Sardi.

Selama delapan tahun, May menyimpan trauma tersebut. Bahkan May terkadang berteriak, histeris, ketakutan, menyilet tangannya saat ia diajak berbicara dan diajak berubah oleh sang ayah.

May perlahan bangkit dengan semua kisah traumatisnya. Hal ini pun membuat para penonton memahami dampak dari tindakan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Rekomendasi Film Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia (IMDB)

5. The Raid

Rekomendasi film Indonesia lain yang tak kalah menarik adalah the Raid. Film karya Gareth Evans ini menjadi loncatan sorotan terhadap film Indonesia di cakupan internasional.

Film ini dibintangi oleh Joe Taslim, Yayan Ruhian, dan Iko Uwais yang menjadi aktor internasional setelah film ini. The Raid mengisahkan anggota kelompok polisi elit yang bertugas menggerebek apartemen berlantai 30.

Apartemen tersebut menjadi markas para penjahat besar. Upaya yang dilakukan anggota polisi tersebut sangatlah besar.

Kendala yang muncul bertubi-tubi karena penjahat tersebut tersebar di berbagai tempat. Bahkan, para penjahat menjanjikan biaya bebas sewa jika masyarakat berani melawan para anggota polisi tersebut.

6. Ada Apa dengan Cinta?

Rekomendasi film Indonesia berikutnya yakni Ada Apa dengan Cinta? Film terbaik sepanjang masa ini mengisahkan kisah cinta anak SMA.

Meskipun kisahnya umum, film ini menjadi titik bangkit perfilman Indonesia, serta melambungkan dua pemeran utamanya, yakni Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

Kehidupan Cinta sebagai sosok yang berprestasi, memiliki sahabat baik dan kompak, dan pacar yang tampan dan jago basket. Namun kehidupannya berubah ketika posisinya sebagai penulis puisi terbaik tergeser oleh Rangga yang diperankan Nicholas Saputra. Cinta pun tidak menerimanya dan berupaya memperoleh posisi tersebut lagi.

Demikian rekomendasi film Indonesia yang terbaik sepanjang masa. Film-film ini tidak hanya menjadi titik kebangkitan industri film Indonesia, tetapi juga menyajikan pesan moral yang menarik.