Putus dengan Starvision Plus, Ernest Prakasa Buat PH Sendiri

Ernest Parakasa umumkan putus kemitraan dengan rumah produksi film Starvision Plus dan membuat PH sendiri. (Dok. IG Ernest) Komika, penulis, aktor, dan Trends

Putus dengan Starvision Plus, Ernest Prakasa Buat PH Sendiri
Ernest Parakasa umumkan putus kemitraan dengan rumah produksi film Starvision Plus dan membuat PH sendiri. (Dok. IG Ernest)

Komika, penulis, aktor, dan sutradara film kenamaan Tanah Air Ernest Prakasa mengumumkan telah memutuskan kerja sama dengan rumah produksi (PH) film Starvision Plus. Pengumuman ini disampaikan oleh Ernest langsung melalui akun Twitter dan Isntagram pribadinya pada Senin (13/2/2023).

Alasan mengakhiri kerja sama yang sudah terjalin selama 8 tahun (2015-2022), Ernest mengaku telah membuat PH baru bernama Imajinari. PH ini telah disiapkan Ernest sejak tahun 2022 lalu. PH baru ini akan menjadi rumah bagi Ernest untuk belajar dan bertumbuh. 

“Setelah menjalani 8 tahun kemitraan yang amat menyenangkan dengan Starvision Plus 2015-2022, kini telah tiba waktunya untuk membuka sebuah lembaran baru dalam perjalanan saya sebagai pekerja film. Sejak tahun lalu saya mulai menyiapkan diri untuk pindah ke rumah yang baru, yang akan menjadi tempat untuk melanjutkan proses tanpa akhir dalam belajar dan bertumbuh,” kata Ernest.

Lebih lanjut, Ernest mengaku di tahun 2023 ini, rumah itu sudah siap dihuni sehingga ia memutuskan kerjasama dengan Starvision Plus. Bersama rekan Dipa Andika, dirinya akan fokus pada pengembangan sebuah perusahaan film bernama Imaginari. Di mana tahun 2022 lalu telah menelurkan film perdana Ngeri-Ngeri Sedap dengan Diva sebagai produser dan Bene Dion Rajagukguk sebagai penulis dan sutradara. 

“Kami bercita-cita membangun imajinasi sebagai sebuah studio film yang bisa mewadahi karya-karya personal dan bernafaskan penceritaan yang kuat. Kami juga bertekad menjadikan imajinasi sebagai bagian aktif dari perjuangan kita bersama untuk mewujudkan industri film yang lebih manusiawi terhadap para pekerjanya,” ucap Sutradara dan juga pemain film Cek Toko Sebelah ini.  

Ernest mengaku pembuatan PH tersebut tidak bertujuan untuk menjadi yang terbesar atau terhebat. Tujuannya semata-mata ingin menghasilkan kebahagiaan bagi penonton, pekerja film, dan kebahagiaan bagi para pendiri PH yakni Ernest dan Dipa Andika.

“Cita-cita kami sangatlah sederhana yakni menghasilkan kebahagiaan. Kebahagiaan bagi para penonton, saat bisa menikmati hasil karya kami. Kebahagiaan bagi para pekerja film dari semua lini saat bisa berkarya bersama dalam situasi yang kondusif dan kesejahteraan yang diperhatikan. Serta kebahagiaan bagi kami sendiri saat bisa melihat itu semua perlahan terwujud,” kata Ernest menutup pengumumannya. 

Ernest mengawali karir di industri kreatif Tanah Air sebagai komika atau Stand Up Comedy dan masih aktif hingga kini. Suami dari Meira Anastasia ini menjadi salah satu komika populer selain Raditya Dika, Pandji Pragiwaksono, dan Soleh Solihun. Ernest juga sempat terjun ke dunia penulisan buku beberapa karya buku yang ia tulis adalah Ngenest (Ketawa Hidup ala Ernest, Setengah Jalan, dan Dari Merem ke Melek. 

Setelah menulis buku, Ernest kemudian menjadi Sutradara film. Debut menjadi sutradara pada tahun 2015 di mana bukunya yang berjudul Ngenest difilmkan. Film perdana yang disutradarai Ernest terbilang cukup ramai dengan jumlah penonton mencapai 785.786. 

Film kedua yang disutradarai Ernest yakni Cek Toko Sebelah lebih sukses. Dilansir dari filmindonesia.or.id, film komedi keluarga ini ditonton oleh 2.642.957 penonton dan menempati posisi keempat di daftar film Indonesia terlaris pada 2016. Setelah sukses dengan Cek Toko Sebelh, ernest kemudan di akhir 2022 membuat film Cek Toko Sebelah 2, dan jumlah penontonnya lebih sedikit.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id