Muthia Datau, Aktris yang Ternyata Dulunya Pernah Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia

Muthia Datau, sang aktris senior Indonesia yang punya sisi lain sebagai kiper utama Timnas Indonesia dalam sepak bola putri. Kariernya lebih dulu gemilang dalam dunia sepak bola.

Muthia Datau, Aktris yang Ternyata Dulunya Pernah Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia

Kapanlagi.com - Muthia Datau, aktris legendaris Indonesia, telah mengukir namanya dalam dunia seni peran dengan kepiawaiannya yang luar biasa. Namun, di balik sorotan panggung dan layar kaca, tersembunyi sisi lain dari kehidupannya yang tak kalah membanggakan.

Ternyata, Muthia bukan hanya memiliki bakat akting yang memukau. Ia juga berkiprah dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola. Saat itu, ia adalah kiper utama Timnas Indonesia pada sepak bola putri.

Kesuksesan Muthia Datau sebagai aktris dan kiper sepak bola menjadi kebanggaan bagi Indonesia. Rupanya, ia lebih dulu mengawali karir di dunia sepak bola. Namanya pun sudah dikenal sejak bergabung dengan dunia olahraga tersebut.

Penasaran seperti apa Muthia Datau yang dulunya kiper utama Timnas Indonesia? Yuk simak selengkapnya di sini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, pada Rabu (3/1/2024).

1. Profil Singkat Muthia Datau

image

Sang atlet sekaligus artis Indonesia, Muthia Datau, lahir di Lampung pada 12 Agustus 1959. Selain itu, ia juga seorang model terkenal pada masanya dan menghiasi cover sampul majalah. Muthia Datau merupakan anak dari pasangan Yan Datau dan Siti Nurhayati.

Ia memiliki dua orang adik bernama Yudi Datau dan Nunu Datau. Muthia Datau menikah dengan seorang aktor bernama Herman Felani. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai tiga orang anak yaitu Aditya, Alfin, dan Ardhy.

2. Hobi Bermain Sepak Bola

image

Muthia Datau sangat menyukai olahraga sepak bola karena masa remajanya. Siapa sangka kalau ia adalah sosok yang tomboy saat usia remaja. Hobi bermain sepak bola sudah muncul dalam dirinya sejak usia 14 tahun.

Masa remajanya diisi dengan bermain bola bersama para teman laki-laki di lingkungan rumahnya. Hobinya ini terus diasah hingga ia menjadi kiper kesebelasan sepak bola putri yang bernama Buana Putri.

3. Sang Kiper Timnas Indonesia

image

Muthia Datau mengawali karirnya di sepak bola Tanah Air. Seseorang yang berjasa untuk mengantarkan dirinya ke dunia sepak bola ini adalah Ibnu Saipur.

Muthia Datau bergabung dengan tim Buana Putri di sepak bola Indonesia putri. Dua tahun lamanya ia mengasah kemampuannya bersama Tim Buana.

Perjuangannya tersebut membuahkan hasil yang membanggakan. Ia dipilih Timnas Indonesia untuk menjadi kiper utama dalam ajang ’Asian Women’s Football’ di Taiwan pada 1977.

Tak hanya itu, Muthia Datau bersama timnya berhasil menyabet gelar juara dalam turnamen Galanita pada 1982 yang diselenggarakan oleh PSSI. Pemain andalan dalam tim Buana Putri tersematkan dalam dirinya.

4. Terjun ke Dunia Hiburan

image

Menyelami dunia hiburan telah dilakukan Muthia Datau sejak akhir tahun 1970-an. Langkahnya dalam dunia hiburan ini dimulai dengan menjadi seorang model.

Kemudian pada 1978, namanya terpilih sebagai None Jakarta Barat. Tak cukup sampai di situ, ia juga meraih gelar sebagai Ratu Jakarta Fair.

Kemudian dirinya pun terlibat menjadi bintang iklan hingga membintangi sederet judul film. Dunia akting berhasil dijalaninya mulai tahun 1979 hingga 1983.

Beberapa film yang diperankannya yaitu Sepasang Merpati, Sirkuit Kemelut, Ira Maya dan Kakek Ateng, serta Malu-Malu Kucing. Lalu pada 2011, Muthia Datau kembali aktif di dunia seni peran hingga saat ini.

5. Instruktur Aerobik dan Yoga

image

Ibu tiga anak ini juga mendedikasikan diri sebagai instruktur aerobik dan yoga. Meskipun awalnya tidak mudah, Muthia Datau berhasil merasakan manfaat luar biasa setelah berlatih selama dua hingga tiga bulan.

Keberhasilan ini membuatnya menjadi seorang praktisi berpengalaman yang memiliki sertifikat. Melalui aktivitas ini, ia dapat memotivasi orang lain untuk merasakan perjalanan menuju kesehatan tubuh melalui latihan aerobik dan yoga.

6. Siapa Suami Mutia Datau?

Suami Muthia Datau adalah Herman Felani. Pria kelahiran 17 Agustus 1956 ini juga merupakan aktor Indonesia. Namanya dikenal saat memainkan film ’Mencari Cinta’ pada 1979 bersama artis Lydia Kandou, Ita Mustafa, dan Junaedi Salat.

7. Siapa Istri Herman Felani?

Muthia Datau adalah istri dari Herman Felani. Muthia Datau atau Mutiara Datau merupakan seorang model, pemeran, hingga mantan atlet sepak bola Timnas Indonesia.

8. Dimana Herman Felani Sekarang?

Herman Felani diketahui sebagai Direktur Utama PT Arjuna Widya Karya yang bergerak di bidang perdagangan umum. Namanya sempat tersandung kasus korupsi yang membuatnya divonis empat tahun penjara.