Vietnam Larang Penayangan Film Barbie The Movie yang Rilis 21 Juli 2023, Ini Alasannya

Larangan itu diputuskan oleh Dewan Evaluasi Film Nasional pada Senin (3/7/2023). Alasannya, ada adegan yang menurut Vietnam melanggar kedaulatannya

Vietnam Larang Penayangan Film Barbie The Movie yang Rilis 21 Juli 2023, Ini Alasannya
image

BANGKAPOS.COM - Bioskop Vietnam dipastikan tak menayangkan film Barbie The Movie yang akan rilis serentak pada 21 Juli 2023. 

Alasannya, ada adegan yang menunjukkan klaim China atas sebagian besar Laut China Selatan yang menurut Vietnam melanggar kedaulatannya.

Klaim itu berupa adanya sembilan garis putus-putus pada peta di area Laut China Selatan.

Vi Kien Thanh, direktur jenderal Departemen Sinema Vietnam di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, mengatakan bahwa larangan tersebut diputuskan oleh Dewan Evaluasi Film Nasional pada Senin (3/7/2023).

Baca juga: Hati-hati, Ini 8 Obat Tradisional Ilegal yang Baru Diumumkan BPOM, Bisa Rusak Ginjal dan Hati

Baca juga: Daftar Film Indonesia yang Tayang di Netflix Juli 2023, Ada 99 Cahaya di Langit Eropa

Banyak tetangga China, termasuk Vietnam, bersaing dan tumpang tindih akan klaim teritorial dan sangat membantah pernyataan China.

Pada tahun 2016, pengadilan resolusi perselisihan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Den Haag memutuskan dengan suara bulat menentang validitas 'sembilan garis putus-putus'.

Namun, meski arbitrase Laut China Selatan bersifat final dan mengikat, tidak ada mekanisme yang jelas untuk implementasinya dan China mengatakan tidak mengakui keputusan tersebut.

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," kata surat kabar pemerintah Tuoi Tre, juga mengutip Vi Kien Thanh.

Penggambaran serupa dari "sembilan garis putus-putus" sebelumnya telah menimbulkan masalah bagi banyak film dan serial TV di Vietnam.

Film animasi DreamWorks "Abominable" dilarang karena alasan yang sama pada tahun 2019 dan "Unchartered" Sony mengalami nasib yang sama tahun lalu. 

CGV didenda karena menampilkan "Abominable", dan staf di Departemen Sinema Vietnam didisiplinkan karena tidak segera menemukan gambar yang melanggar.

Film ini ditarik setelah lebih dari seminggu di bioskop.

Pada tahun 2020, serial “Put Your Head On My Shoulder” dan “Madam Secretary” juga disuruh menghapus adegan yang berisi peta tersebut.

Sementara itu, pada 2021, Netflix diperintahkan untuk menghapus drama mata-mata Australia “Pine Gap” dari pasar Vietnam.