Mission Impossible Bikin Joe Biden Ketakutan, Gini Ceritanya

Joe Biden disebut 'ketakutan' usai menonton Mission Impossible Dead Reckoning Part One.

Mission Impossible Bikin Joe Biden Ketakutan, Gini Ceritanya

Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa sangka film Mission Impossible terbaru membuat presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ketakutan. Ini terkait penggambaran teknologi AI yang ada dalam film bertajuk Dead Reckoning Part One.

Kepala Staf Gedung Putih Bruce Reed mengungkapkan dirinya dan Biden menonton film yang dibintangi Tom Cruise itu di tempat liburan kepresidenan AS bernama Camp David.

Ethan Hunt yang diperankan Tom Cruise harus bertemu musuh bernama The Entity dalam film terbaru ini. Ternyata The Entity merupakan AI liar yang menjadi dalang peristiwa teroris serta bencana lain di seluruh dunia.

Penggambaran AI itu ternyata tertanam jelas di benak Biden. Karena film Mission Impossible dapat menggambarkan bahaya dan potensi dari teknologi canggih itu.

"Jika ia belum sadar atau paham tentang bahaya yang bisa terjadi gara-gara teknologi AI sebelum nonton film itu, ia jelas melihat apa yang harus dicemaskan [setelah menontonnya]," kata Reed.

Meski begitu, penggambaran AI dalam Mission Impossible dikritik ahli. Alex Hanna misalnya menyatakan AI di film tersebut tampil secara absurd.

"Kemampuannya meretas segala jenis sistem elektronik, tidak masuk akal," kata Hanna kepada The Washington Post.

Bukan hanya Mission Impossible, Biden juga menyadari bahaya AI lewat anjingnya. Para staf pernah memperlihatkan gambar Biden dan anjing peliharaannya yang merupakan hasil AI.

Inggris ingatkan ancaman kecerdasan buatanFoto: CNBC Indonesia TV
Inggris ingatkan ancaman kecerdasan buatan

Daftar Regulasi AI di AS

Joe Biden tercatat telah meluncurkan 10 mandat yang tertuang dalam aturan mengenai AI.

Berikut poin pentingnya, dirangkum dari Mashable, Sabtu (4/11/2023):

1. Pengembang sistem AI dominan (OpenAI, Google, Microsoft, Apple) harus membagikan hasil dari pengujian keamanan teknologinya ke pemerintah.
2. Pengujian keamanan teknologi AI harus memenuhi standar tinggi yang ditetapkan National Institute of Standards Technology.
3. Perusahaan harus mengutamakan keamanan dalam pengembangan model AI untuk sains dan proyek yang berhubungan dengan biologi
4. Konten olahan AI harus dilabeli.
5. Melanjutkan 'AI Cyber Challenge', yakni inisiatif dari pemerintahan Joe Biden untuk menjalankan program keamanan siber yang memastikan berbagai celah keamanan pada sistem AI terus ditingkatkan.
6. Bertumpu pada Kongres untuk menjalankan aturan privasi data.
7. Mengevaluasi kebijakan data perusahaan teknologi.
8. Membasmi diskriminasi yang dilakukan oleh AI.
9. Menarik talenta-talenta global terbaik untuk mengembangkan AI.
10. Memastikan pengembangan AI tetap melindungi lapangan pekerjaan manusia yang saat ini tersedia.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Ternyata, AI Bukan Biang Kerok Banyak Pekerjaan Akan Hilang


(dce)