KPU Agendakan Nobar Film Kejarlah Janji di Pesantren dan Kampus Seluruh Indonesia

Kegiatan tersebut akan dilakukan pada Hari Santri, 22 Oktober, dan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

KPU Agendakan Nobar Film Kejarlah Janji di Pesantren dan Kampus Seluruh Indonesia
image

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asya'ri menyatakan, pihaknya akan melakukan pemutaran film 'Kejarlah Janji' di sejumlah pesantren dan kampus secara serentak.

Sebab, menurutnya, film Kejarlah Janji bukan hanya sekedar tontonan, melainkan terdapat makna tersirat yang bisa menjadi tuntunan bagi masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Terutama dalam menjaga rumah kita, Ibu Pertiwi, bangsa kita, negara kita supaya kompetisi dalam pemilu itu berjalan dengan sehat berjalan dengan demokratis," jelas Hasyim di Studio 1 Kompas TV, Jakarta Pusat, Jumat (13/10/2023).

Baca juga: KPU Nilai Sosialisasi Pemilu Lewat Film Kejarlah Janji Lebih Efektif bagi Masyarakat

Adapun Hasyim menghadiri acara nonton bareng film Kejarlah Janji di Studio 1 Kompas TV bersama karyawan Kompas Gramedia yang diselenggarakan Harian Kompas.

Hasyim menambahkan, KPU akan melaksanakan kegiatan tur ke pesantren dan kampus yang untuk nobar film Kejarlah Janji.

Pada Hari Santri, 22 Oktober, KPU akan membuat kegiatan 'KPU goes to Pesantren' secara nasional di seluruh kabupaten dan kota.

"Dan rencananya nanti pada puncak Hari Santri pada tanggal 22 Oktober 2024, KPU membuat kegiatan KPU goes to Pesantren dengan nonton bareng atau nobar film Kejarlah Janji," ucap Hasyim.

Baca juga: Cut Mini dalam Film Kejarlah Janji, karena Garin Nugroho dan Terpaksa Akting Bernyanyi

Selanjutnya, KPU juga bakal menggelar 'KPU goes to Campus' yang menurut rencana dilaksanakan pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

"Demikian juga 28 oktober 2023 pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, KPU juga menggelar acara 'KPU goes to Campus' dengan nonton bareng film Kejarlah Janji di kampus-kampus di seluruh Indonesia," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Film Kejarlah Janji menceritakan Pertiwi (Cut Mini), perempuan tangguh dan mandiri yang menghidupi tiga orang anaknya, Adam (Bima Zeno), Sekar (Shenina Cinnamon), dan Isham (Thomas Rian) hingga mereka dewasa dan hidup di luar kota.

Suaminya meninggal setelah kalah dari pemilihan Kepala Desa melawan saingannya, Janji Upaya (Ibnu Jamil).

Anak-anaknya yang menganggap Janji Upaya sebagai penyebab ayah mereka meninggal pun menyimpan dendam.

Baca juga: Akting Bernyanyi di Film Kejarlah Janji, Cut Mini: Suara Saya Enggak Enak

Konflik ibu dan anak ini menjadi panas ketika Pertiwi berniat menikah lagi dengan Janji Upaya. Kejarlah Janji diproduksi oleh KPU untuk menyambut Pemilu 2024 dengan tujuan membangun kesadaran bersama untuk menciptakan Pemilu damai, ajakan tidak golput, menggunakan hak pilih, membangun sikap toleransi, dan melawan politik uang.

Film ini akan tayang di bioskop dan diputar di berbagai ruang publik demi menyebarkan pesan-pesan di atas kepada masyarakat agar Pemilu 2024 berjalan lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.