Kisah Nyata Sosok Maurice dalam Film The Nun

Meski dalam The Conjuring Universe cerita Maurice sebagian besar adalah fiksi, sejatinya karakter ini berangkat dari kisah nyata.

Kisah Nyata Sosok Maurice dalam Film The Nun
Jakarta, CNN Indonesia --

Sosok Maurice 'Frenchie' Theriault menjadi perhatian setelah film The Nun 2 dirilis. Karakter The Conjuring Universe ini masih diperankan oleh Jonas Bloquet, melanjutkan perannya dari 2018.

Karakter yang sempat juga diperankan oleh Christog Veillon ini jadi perbincangan karena sebagai 'inang' dari Valak usai peristiwa di biara Hungaria dalam film The Nun (2018).

Apalagi dalam The Nun 2, Maurice yang kesurupan menjadi faktor jumpscare film yang digarap Michael Chaves tersebut, terutama saat mengejar Sophie yang diperankan oleh Katelyn Rose Downey.

Meski dalam The Conjuring Universe cerita Maurice sebagian besar adalah fiksi, sejatinya karakter ini berangkat dari kisah nyata.

Awal mula kemunculan Maurice

Karakter Maurice muncul pertama kali dalam semesta horor ini adalah pada film The Conjuring (2013). Kala itu, karakter Maurice diperankan oleh Veillon.

Adegan Maurice pun sebenarnya sangat singkat. Ia muncul sebagai bagian klip yang dipamerkan Ed dan Lorraine Warren kala mengisi materi demonologi di sebuah kelas kampus.

Maurice, oleh Ed, disebut sebagai pria campuran Prancis-Kanada yang hanya lulusan kelas 3 SD. Ia kerap mendapatkan pelecehan dan kekerasan oleh ayahnya semenjak kecil.

Karakter Maurice 'Frenchie' Theriault kemudian muncul dengan pemeran yang berbeda dalam The Nun (2018). Latar cerita pun loncat mundur 20 tahun sebelumnya.Karakter Maurice 'Frenchie' Theriault muncul dengan pemeran yang berbeda dalam The Nun (2018). Kali ini, Maurice diperankan Jonas Bloquet.: (dok. Warner Bros. Pictures via IMDb)

Dalam klip itu, Maurice ditampilkan kesurupan, bisa berbahasa Latin yang mana tak pernah ia pelajari, mengeluarkan darah dari mata, hingga muncul lambang salib terbalik dari perut kanan bawah.

Bila The Conjuring berlatar pada 1971, diduga video Ed dan Lorraine bertemu Maurice tersebut berlatar sebelumnya, atau di akhir dekade '60-an.

Karakter Maurice kemudian muncul dengan pemeran yang berbeda dalam The Nun (2018), yakni Jonas Bloquet. Latar cerita pun loncat mundur 20 tahun sebelum The Conjuring (2013).

Dalam film itu, Maurice tinggal di sebuah desa pedalaman Hungaria yang paling dekat dengan sebuah biara horor. Sebagai peternak dan petani, Maurice memberikan pasokan pangan ke biara itu tiap tiga bulan sekali.

Saat terakhir kali membawa pasokan makanan, ia menemukan mayat biarawati gantung diri di atas pintu biara. Dari situ, ia terus mendapatkan mimpi buruk hingga bertemu Suster Irene dan Pastur Burke.

Kisah nyata Maurice

Meski kisah Maurice di dua saga The Nun dan The Conjuring Universe sebagian besar adalah fiksi, karakternya sendiri nyata pernah ada dan hidup di dunia. Dalam dunia demonologi, ia dikenal dalam kasus The Possession of Maurice Theriault.

[Gambas:Video CNN]

Kejadian tersebut terjadi pada seorang pria petani keturunan Prancis-Kanada lulusan kelas 3 SD bernama Maurice Theriault di New England, Amerika Serikat, pada 1985. Ia juga dikenal sebagai Frenchie.

Sejak kecil, Maurice hidup dalam kondisi sulit. Ia harus bekerja sebagai petani dan menghadapi ayahnya yang kasar. Perilaku ayahnya makin menjadi seiring Maurice menjadi dewasa.

Merasa tak ada yang membantu menghadapi kondisi yang sulit itu, Maurice pun tertarik dengan ilmu hitam dan meminta pertolongan kepada setan. Bukan hanya itu, konon ia juga dekat dengan kelompok kultus sesat.

Maurice kemudian disebut mulai menunjukkan sikap berbeda seiring dengan mendalami ilmu hitam tersebut.

Lanjut ke sebelah...