Keturunan Keluarga Kritik Pedas Film Napoleon

Keturunan dari keluarga Napoleon Bonaparte mengkritik film garapan Ridley Scott yang membahas soal salah satu leluhurnya itu.

Keturunan Keluarga Kritik Pedas Film Napoleon
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Keturunan dari keluarga Napoleon Bonaparte, Joachim Murat, mengkritik film garapan Ridley Scott yang membahas soal salah satu leluhurnya itu. Murat menilai film itu banyak melupakan fakta-fakta sejarah.

Murat merupakan keturunan ketujuh dari adik Napoleon Bonaparte, Caroline, yang menikah dengan raja Napoli pada 1808-1815, Joachim-Napoleon Murat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penting untuk dicatat bahwa ini adalah film dengan sangat sedikit aktor muda," kata Murat dalam ulasannya di majalah Forbes yang terbit Selasa (28/11).

"Sebagai landasan fakta, era Napoleonik adalah era di mana para pemuda memiliki kekuasaan di seluruh Eropa dan sekitarnya. Namun, di sini Bonaparte diperankan oleh Joaquin Phoenix yang berusia 50 tahun," lanjutnya.

Murat menilai pemilihan Phoenix dengan persona gelap dan murung cukup mengganggu. Namun, ia menegaskan bahwa ini adalah pandangan subjektif dari pihak yang memiliki garis keturunan langsung dari keluarga Bonaparte.

"Saya pergi dengan perasaan kecewa. Tapi sekali lagi, saya mengingatkan kalian bahwa saya tidak objektif," tambah Murat.

[Gambas:Video CNN]

Dalam penjelasan itu, Murat dapat memahami keinginan Scott adalah menuliskan ulang sejarah untuk kebutuhan romansa antara Bonaparte dengan Joséphine.

Murat juga menyoroti adegan yang ia anggap melenceng dari sejarah, seperti saat Bonaparte menembakkan meriam ke Piramida Giza.

"Film ini seharusnya bisa menjadi alegori yang menunjukkan bahwa Bonaparte tidak mengalami kesulitan dalam mengalahkan Utsmani," kata Murat.

"Meskipun pasukan Napoleon dituduh merusak patung sphinx, tidak ada hal sejenis itu pernah terjadi. Para sejarawan percaya [kerusakan] itu terjadi berabad-abad sebelumnya," tambahnya.

Terkait pengorbanan asmara dari Napoleon terhadap Joséphine yang digambarkan oleh Scott di film, Murat memilih untuk berseberangan dengan sutradara Gladiator berusia 86 tahun itu.

Lanjut ke sebelah...