Perbandingan Nano Ceramic Coating dengan Pemasangan Paint Protection Film, Mana yang Lebih Baik?

Pasalnya, PPF atau Paint Protection Film dan nano ceramic menggunakan bahan dan teknik yang keduanya berbeda.

Perbandingan Nano Ceramic Coating dengan Pemasangan Paint Protection Film, Mana yang Lebih Baik?
image

JawaPos.com - Ada banyak cara untuk menjaga bodi mobil agar tetap bersih, kinclong dan sedap dipandang mata. Selain tentunya melakukan perawatan dengan rajin mencuci, menggunakan alat cuci dengan bahan dan sabun yang tepat, mengaplikasikan produk aftermarket juga boleh dilakukan.

Tentunya, untuk melakukan hal tersebut memang membutuhkan uang tambahan, budget ekstra. Kedua produk aftermarket yang bisa digunakan adalah menggunakan solusi nano ceramic coating atau yang belakangan banyak ditawarkan adalah menggunakan lapisan perlindungan Paint Protection Film atau PPF.

Melakukan proses coating memang bisa melindungi cat mobil, tapi manakah yang lebih bagus, PPF vs ceramic coating? Pasalnya, PPF atau Paint Protection Film dan nano ceramic menggunakan bahan dan teknik yang keduanya berbeda.

PPF atau dikenal juga dengan istilah laminating mobil adalah menggunakan lapisan plastik bening atau lapisan film yang dipasang di seluruh body mobil. Tujuannya adalah melindungi body mobil dari goresan kerikil, rating pohon, dan kotoran yang bersifat korosif dan merusak cat bodi mobil.

Baca Juga: Tips Bikin Mobil dan Motor Kinclong Dengan Laminating Nano Ceramic+

Sementara itu, nano ceramic coating lain lagi. Pengaplikasiannya adalah dengan menggunakan cairan berbahan kimia yang diaplikasikan ke body mobil untuk menjaga cat mobil agar tetap mengkilap, serta membuat mobil jadi lebih mudah dibersihkan.

Nano ceramic coating adalah salah satu cara untuk membuat mobil menjadi terkesan anti air dan kotoran. Hal ini bisa dicapai karena efek hidrofobiknya. Keduanya, baik nano ceramic coating dan PPF punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Lalu, seberapa penting PPF untuk diaplikasi di mobil? Kevin Danudoro, General Manager UPPF Indonesia, salah satu merek penyedia solusi PPF di Tanah Air menerangkan, Paint Protection Film sangat penting untuk diaplikasikan pada mobil.

"Hal ini dikarenakan PPF dapat melindungi cat orisinil mobil dari baret, kerikil jalanan, noda atau kotoran jalanan, hingga sinar UV. Sehingga keadaan fisik mobil dapat terjaga seperti baru hingga waktu yang lama," katanya saat ditemui JawaPos.com di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, Kamis (17/8).

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Mengganti Kaca Film pada Mobil?

Selain itu, dilanjutkan Kevin, PPF juga memiliki fitur self-healing pada baret halus apabila terkena sinar matahari. Jadi, dengan demikian, apabila terjadi atau terkena goresan, lapisan PPF relatif bebas perawatan dan nggak bikin repot pengguna.

"Dibandingkan dengan nano ceramic coating seperti apa? Tentunya PPF dan Coating memiliki keunggulan yang berbeda, PPF sendiri berguna sebagai perlindungan cat orisinil pada mobil," imbuh Kevin.

Dengan kondisi jalanan di Indonesia, PPF diyakini bisa menjadi solusi kepada pemilik mobil untuk melindungi cat orisinil mobil dari berbagai ancaman di jalanan seperti baret, batu kerikil, hingga serempetan motor.

Tidak hanya berfungsi sebagai proteksi, PPF juga dapat membuat mobil terlihat lebih glossy sehingga meningkatkan penampilan fisik mobil, sedangkan coating lebih kepada penampilan mobil saja, yang dapat menjadikan warna cat mobil lebih keluar dan terlihat glossy seperti baru tanpa adanya fitur proteksi.