Sutradara Beber Film Onde Mande! 70 Persen Pakai Bahasa Minang

Sutradara Paul Agusta mengatakan 70 persen dialog film Onde Mande! akan menggunakan bahasa Minang dan dibubuhkan subtitle.

Sutradara Beber Film Onde Mande! 70 Persen Pakai Bahasa Minang
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Sutradara Paul Agusta mengatakan film Onde Mande! akan menggunakan bahasa Minang dalam ceritanya. Setidaknya 70 persen dialog dalam film tersebut menggunakan bahasa Minang.

Untuk mendukung nuansa Minang sepanjang cerita, Paul melibatkan banyak aktor asli Minang sebagai pemeran pendukung.

"Bisa dibilang kurang lebih 70 persen bahasa Minang, sisanya bahasa Indonesia," ucap Paul Agusta saat konferensi pers Onde Mande! di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (15/5).

"Karena bahasa Minangnya kental, kami banyak menggunakan pemain-pemain lokal juga di sana yang sangat bagus," lanjutnya.

Ia kemudian menjelaskan sejumlah pendekatan yang dilakukan agar penggunaan bahasa Minang dalam film tersebut akurat.

Salah satunya dengan menulis naskah langsung dalam bahasa Minang. Naskah itu lalu diterjemahkan oleh orang asli Minang agar tidak lepas dari konteks.

[Gambas:Video CNN]

Paul juga menyesuaikan dialek yang diucapkan agar sesuai dengan dialek khas orang-orang pegunungan. Sebab, ada perbedaan dialog antara masyarakat pegunungan dan pesisir pantai.

"Soal dialek juga kita coba sesuaikan dengan dialek gunung, bukan pesisir. Kalau gunung [daerah] Bukittinggi atau Agam itu lebih halus, dibanding pesisir lebih kasar," lanjutnya.

Dari naskah itu, Paul beserta tim mengajarkan para aktor untuk berdialog dengan bahasa serta dialek yang sesuai.

Proses penyesuaian itu juga dibantu oleh pemeran pendukung hingga kru yang sebagian besar orang Minang asli. Mereka banyak memberikan masukan selama proses syuting, terutama kepada aktor yang bukan orang Minang.

Meski demikian, Paul memastikan Onde Mande! tetap mudah dipahami oleh penonton di luar orang Minang. Karena, film tersebut nantinya akan memakai subtitle.

"Menurutku ini tidak akan mengasingkan yang tidak bisa bahasa Minang. Kita kan sudah biasa baca subtitle dari bahasa Inggris atau Korea ya," ucap Paul.

Onde Mande! mengisahkan seorang pensiunan guru bernama Angku Wan (Musra Dahrizal) yang tinggal di sebuah desa di tepi Danau Maninjau. Suatu hari, dia berhasil menang sayembara berhadiah Rp2 miliar dari sebuah perusahaan sabun.

Namun, Angku Wan justru wafat sebelum hadiah itu diklaim. Warga desa kemudian menyiapkan strategi besar untuk mengamankan hadiah tersebut karena Angku Wan dikenal sebagai sosok bijaksana yang akan menggunakan hadiah itu untuk kemajuan desanya.

Beberapa orang pun terlibat dalam misi mendapatkan hadiah, yakni Ni Ta (Jajang C. Noer), Da Am (Jose Rizal Manua), Si Mar (Shenina Cinnamon), dan para tetua desa.

Keadaan memudian runyam karena tiba-tiba Anwar (Emir Mahira) datang ke desa mewakili perusahaan sabun. Ia datang untuk memvalidasi Angku Wan sebagai pemenang.

Warga desa itu pun panik dan mencari berbagai cara agar rencana mereka tetap berhasil dan uang sayembara tetap didapat.

Onde Mande! dijadwalkan tayang di bioskop pada 22 Juni 2023.

(frl/pra)

[Gambas:Video CNN]