Sutradara Blue Beetle Puji Aktornya Pahlawan karena Ikut Aksi Mogok

Sutradara Blue Beetle memuji para bintang filmnya sebagai pahlawan lantaran ikut aksi mogok kerja yang dilakukan para aktor Hollywood.

Sutradara Blue Beetle Puji Aktornya Pahlawan karena Ikut Aksi Mogok
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Blue Beetle menggelar acara premiere di Los Angeles, Amerika Serikat, tanpa kehadiran para bintangnya lantaran adanya aksi mogok yang dilakukan oleh para aktor Hollywood.

Hal tersebut membuat sutradara Ángel Manuel Soto menghadiri acara tersebut seorang diri. Namun, sebelum mempersilakan penonton menyaksikan filmnya, Soto menyanjung para aktor yang sedang ikut turun ke jalan.

"Mereka tidak bisa berada di sini hari ini. Tapi kalian tahu? Mereka sedang memperjuangkan pertarungan yang baik," kata Ángel Manuel Soto seperti diberitakan Variety pada Selasa (15/8).

"Penting bagi kita untuk memahami bahwa saat ini mereka adalah pahlawan. Mereka mengorbankan kesempatan besar untuk melihat ini dengan mata kepala mereka sendiri," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

Adapun para pemeran film Blue Beetle yang ikut mogok adalah Xolo Maridueña, Bruna Marquezine, George Lopez, Adriana Barraza, dan Susan Sarandon.

Film Blue Beetle sendiri dijadwalkan tayang di bioskop Amerika pada 18 Agustus mendatang.

Sementara itu, para aktor Hollywood yang tergabung dalam Screen Actors Guild - American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) bersolidaritas bersama para penulis untuk melakukan aksi mogok kerja.

SAG-AFTRA sudah mulai turun ke jalan sejak 14 Juli lalu. Bahkan, para bintang ternama Hollywood sudah menggalang dana jutaan dolar untuk menyokong aktor lainnya.

Beberapa di antaranya, Dwayne Johnson, Nicole Kidman, Jennifer Lopez dan Ben Affleck, Ryan Reynolds dan Blake Lively, Julia Roberts, Arnold Schwarzenegger, Meryl Streep, dan Oprah Winfrey.

Selain itu terdapat juga nama George dan Amal Clooney, Luciana dan Matt Damon, Leonardo DiCaprio, Hugh Jackman hingga Deborra-lee Furness.

Ribuan aktor dan para pekerja kreatif melakukan aksi mogok di Hollywood dan negara bagian lain untuk bergabung bersama serikat penulis Writers Guild of America (WGA).

SAG-AFTRA dengan bulat memutuskan berhenti bekerja setelah kontrak mereka berakhir dan pembicaraan terhenti dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) yang mewakili perusahaan streaming seperti Disney, Netflix, Amazon, dan lainnya.

Baik SAG-AFTRA maupun WGA menuntut kenaikan gaji dan royalti di era perfilman yang lebih mengandalkan layanan streaming. Mereka juga menuntut jaminan bahwa pekerjaan mereka tidak akan digantikan oleh kecerdasan buatan dalam waktu dekat.

(pra)