Jam Berapa Film G30S/PKI Tayang? Ini Jadwal dan Streaming-nya!

Insiden G30S/PKI telah diadaptasi menjadi film yang rilis pada 1984. Film G30S/PKI tayang jam berapa? Ini jadwal dan situs streaming-nya!

Jam Berapa Film G30S/PKI Tayang? Ini Jadwal dan Streaming-nya!
image

Daftar Isi

Medan -

G30S/PKI merupakan peristiwa kelam yang menodai sejarah Indonesia. Tepatnya pada 30 September 1965, para pahlawan revolusi gugur akibat kekejaman PKI.

Insiden satu ini telah diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang tayang pada 1984 silam.

Tiap tahun, saluran TV biasanya menayangkan film tersebut. Lantas, jam berapa film G30S/PKI tayang? Berikut detikSumut hadirkan informasi tentang jadwal, situs streaming, hingga sinopsisnya!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jadwal Tayang Film G30S/PKI

Bagi detikers yang belum tahu, film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI ditulis dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film ini berdurasi kurang lebih 4 jam 30 menit.

Setiap tahunnya, sejumlah saluran TV menayangkan film ini, salah satunya adalah iNews TV. Dari pantauan detikSumut, film G30S/PKI akan ditayangkan di iNews TV mulai pukul 21.00 WIB.

Selengkapnya, berikut jadwal tayang film G30S/PKI di iNews TV:

  • Hari/Tanggal: Sabtu, 30 September 2023
  • Waktu: mulai 21.00-00.00 WIB

Situs Streaming Film G30S/PKI

Untuk menyaksikan film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI, kamu dapat membuka saluran iNews TV atau mengakses situs streaming RCTI+. Tautannya adalah sebagai berikut:

  • https://www.rctiplus.com/tv/inews

Sinopsis Film G30S/PKI

Film ini bercerita tentang percobaan kudeta yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September 1965. Diawali dengan sejumlah orang yang digambarkan sebagai anggota PKI dengan lambang palu dan arit serta buku tentang DN Aidit. Mereka mengejutkan sekelompok orang yang hendak salat di masjid.

Pasukan yang berencana menculik tujuh jenderal ini bernama resimen Cakrabirawa yang pada saat itu merupakan pasukan pengamanan Presiden Soekarno. Sayangnya ada kepentingan lain pasukan ini yang ditunggangi oleh Letkol Untung yang pada saat itu menjabat sebagai Komandan Batalyon I Resimen Cakrabirawa.

Film ini menggambarkan situasi yang terjadi pada tanggal 30 September 1965, di mana gerakan yang dimotori oleh Letkol Untung ini mengepung sebuah rumah yang kemudian diketahui sebagai kediaman Donald Isaac Pandjaitan (DI Pandjaitan) beserta keluarganya. Mereka meminta DI Pandjaitan untuk menghadap Presiden Soekarno saat itu juga karena situasi darurat.

DI Pandjaitan memenuhi perintah pasukan itu setelah dirinya bersiap dengan seragam lengkapnya. Namun, ia meminta waktu untuk berdoa sebentar. Karena terlalu lama, pasukan itu menembak DI Pandjaitan di teras rumah mereka kemudian dimasukkan ke dalam truk. Kejadian itu disaksikan langsung oleh anak serta istrinya.

Setelah itu, pasukan tersebut kembali mendatangi kediaman keenam jenderal lain dengan perintah yang sama yaitu untuk menghadap presiden. Letjen Ahmad Yani dan Mayjen MT Haryono juga ditembak di rumah mereka masing-masing, sedangkan yang lainnya diculik dan disiksa hingga tewas, termasuk ajudan dari Abdul Haris Nasution yaitu Kapten Pierre Tandean.

Pierre Tandean mengaku sebagai Jenderal AH Nasution kepada pasukan Cakrabirawa. Oleh sebab itu, dirinya yang kemudian dibawa oleh pasukan tersebut sedangkan sang jenderal sendiri berhasil kabur dengan melompati tembok rumah mereka. Namun nahasnya, putri AH Nasution yang bernama Ade Irma Suryani Nasution jadi korban penembakan di malam itu.

Keenam jenderal dan seorang perwira yang tewas kemudian dibawa ke sebuah sumur yang dinamakan Lubang Buaya. Tubuh mereka yang tak lagi berdaya kemudian dimasukkan ke dalam sumur tersebut.

Berdasarkan informasi di atas, film G30S/PKI dapat kamu saksikan di iNews TV. Adapun film tersebut tayang mulai 21.00 WIB. Semoga informasi tadi menjawab pertanyaanmu!

Simak Video "Lukas Tumiso, Eks Tapol Penyintas Pulau Buru"
[Gambas:Video 20detik]
(mff/mff)