Jakarta Film Week Sebut Mencuri Raden Saleh Standar Baru Film Lokal

Mencuri Raden Saleh terpilih sebagai pemenang Film Panjang Terbaik (Direction Award) dalam ajang Jakarta Film Week 2022.

Jakarta Film Week Sebut Mencuri Raden Saleh Standar Baru Film Lokal
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencuri Raden Saleh terpilih sebagai pemenang Film Panjang Terbaik (Direction Award) dalam ajang Jakarta Film Week 2022.

Film garapan Angga Dwimas Sasongko itu terpilih karena dinilai sebagai simbol progresivitas perfilman nasional. Dewan juri Jakarta Film Week 2022 juga menyebut Mencuri Raden Saleh sebagai standar baru film Indonesia.

"Alasan kami memilih film ini karena kami merasa film ini merupakan simbol progresivitas perfilman nasional," papar Wilza Lubis dalam keterangan resmi, seperti diberitakan detikHot pada Selasa (18/10).

"Film ini berhasil memadukan seluruh elemen dengan baik. Selain itu, film ini juga berhasil menjadi standar baru bagi film nasional," lanjutnya.

Penghargaan itu diterima oleh Cristian Imanuell selaku produser Mencuri Raden Saleh. Ia mengucapkan terima kasih serta berharap agar film-film Indonesia terus berkembang di masa depan.

"Semoga kemenangan ini bisa menjadi pertanda bahwa di masa mendatang, kita bisa menghasilkan karya-karya film yang lebih baik lagi," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Jakarta Film Week 2022 juga menganugerahi Before, Now & Then (NANA) piala Global Feature Competition. Serial Yang Hilang Dalam Cinta garapan sutradara Yandy Laurens juga berhasil meraih piala Series of the Year.

Mencuri Raden Saleh menjadi film heist pertama yang ditayangkan Visinema Pictures pada 2022. Sutradara Angga Dwimas Sasongko berdampingan bersama Husein M. Atmodjo untuk menulis skenarionya.

Film ini telah menembus lebih dari 2,35 juta penonton sejak tayang perdana pada 25 Agustus silam. Capaian itu menempatkan Mencuri Raden Saleh sebagai film Indonesia terlaris ketujuh tahun ini.

Film tersebut dibintangi oleh enam pemeran utama, yaitu Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Ari Irham.

Selain para pemeran utama, Mencuri Raden Saleh juga turut dibintangi oleh Tyo Pakusadewo, Dwi Sasono, Atiqah Hasiholan, hingga Ganindra Bimo.

Mencuri Raden Saleh mengisahkan sejumlah mahasiswa yang ingin mencuri lukisan karya Raden Saleh di Istana Negara. Masing-masing memiliki nama alias sesuai peran masing-masing.

Mereka adalah Piko the Forger, Ucup the Hacker, Fella the Negotiator, Sarah the the Brute, Tutuk the Driver, dan Gofar the Handyman.

[Gambas:Youtube]

(frl/end)