Mengenal Karya-Karya Ahda Imran

Tahukah Sobat SMP bahwa tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional? Tanggal 28 April ditetapkan sebagai Hari Puisi Nasional karena bertepatan dengan hari wafatnya Chairil Anwar, penyair … Mengenal Karya-Karya Ahda Imran Selengkapnya »

Mengenal Karya-Karya Ahda Imran
image

Tahukah Sobat SMP bahwa tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional? Tanggal 28 April ditetapkan sebagai Hari Puisi Nasional karena bertepatan dengan hari wafatnya Chairil Anwar, penyair terkenal Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional 2022, Direktorat SMP kali ini akan membahas mengenai salah satu sosok penyair sekaligus esais tanah air yang berhasil meraih Penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kategori kumpulan puisi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa tahun 2022 yaitu Ahda Imran.

Ahda Imran lahir Baruah Gunuang, Sumatra Barat dan besar di Cimahi, Jawa Barat. Sebagai penulis ia terpilih dalam program Writer Residence Komite Buku Nasional di Paris. Kumpulan puisinya “Rusa Berbulu Merah” terpilih sebagai nominasi lima besar Anugerah Kusala Sastra Khatulistiwa.

Kumpulan puisi yang sama dan kumpulan “Lidah Orang Suci” terpilih sebagai buku sastra Rekomendasi Majalah Tempo tahun 2014 dan 2021 serta mendapatkan Penghargaan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kategori kumpulan puisi tahun 2022.

Novel biografisnya “Jais Darga Namaku” diangkat ke layar lebar dengan judul  Before, Now & Then (Nana) dan terpilih mengikut Berlinale Festival 2022 di Berlin”. Karya alih wahana tersebut berhasil membawa Ahda Imran masuk dalam Nominasi Penulis Skenario Adaptasi Terbaik Festival Film Indonesia 2022.

Antara 2000-2011 setiap pekan ia menulis kritik dan reportase seni di Harian Pikiran Rakyat Bandung. Menetap di Bandung, bergiat di Selasar Bahasa dan Titimangsa Foundation. Ahda juga menulis naskah Monolog Inggit Garnasih (2013) yang disutradarai Wawan Sofwan dan dimainkan oleh Happy Salma.

Dengan sederet prestasi yang berhasil diukir, karya-karya Ahda Imran menjadi sangat layak untuk dibaca oleh Sobat SMP. Sobat SMP dapat dengan mudah membacanya baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber:

https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3767/bangkit-bersama-melalui-inovasi-untuk-memajukan-bahasa-indonesia

https://idwriters.com/writers/ahda-imran/